Plesetkan Lagu, Qomar Mengaku Spontan dan Tidak Sengaja

Ahmat Effendi | 04 Juni 2014, 22:51 WIB
Plesetkan Lagu, Qomar Mengaku Spontan dan Tidak Sengaja

Kapanlagi.com - Komedian Eko Patrio dan H Qomar dilaporkan oleh pengacara Andar M. Situmorang karena dianggap menghina dan memakai lagu Situmorang Na Bonggal tanpa izin. Itu terjadi di ajang pencarian bakat pelawak, Comedy Academy.

Eko dan Qomar sebagai juri sengaja 'memplesetkan' lagu dan mengganti lirik Situmorang Ala Situ Ala Rude menjadi Situ monyet atau orang. Qomar mengakui mengubah penggalan lirik lagu. Namun menurutnya itu dilakukan secara spontanitas dan tanpa unsur kesengajaan.

"Yang jelas tidak ada unsur kesengajaan. Nggak ngerti, kepleset begitu saja karena suasana sedang melawak. Itu spontanitas karena di situ bersama pelawak-pelawak lain, ada Daus Mini juga," kata Qomar saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (04/06).

Qomar dilaporkan karena dianggap melecehkan lagu.Qomar dilaporkan karena dianggap melecehkan lagu.

Qomar juga meminta maaf jika peristiwa tersebut menyinggung pihak-pihak tertentu. Khususnya Andar M. Situmorang yang menjadi pemegang hak cipta lagu Situmorang Na Bonggal.

"Secara pribadi saya mohon maaf kepada keluarga besar Situmorang, terutama Bang Andar Situmorang yang sudah melaporkan ke polisi," ucapnya.

Pria yang tergabung dalam grup komedi 4 Sekawan ini juga menyayangkan sikap Andar yang langsung membuat laporan tanpa adanya konfirmasi terlebih dahulu. Selain ke polisi, Qomar juga diadukan ke Badan Kerhormatan (BK) DPR dan Komisi Penyiaran Indonesia.

"Mestinya Bang Andar tanya-tanya dulu, konfirmasi. Menanyakan kejadian yang sebenarnya karena saya nggak ada niatan untuk melecehkan sedikit pun," tukasnya.

(kpl/tov/sjw)

Editor:   Ahmat Effendi

Topik Terkait