Polisi Upayakan Jalan Damai untuk Kasus David NOAH

Canda Dian Permana   | Senin, 30 Agustus 2021 16:28 WIB
Polisi Upayakan Jalan Damai untuk Kasus David NOAH
David NOAH © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Polda Metro Jaya melakukan pendekatan restoratif justice dalam menangani perkara yang sedang menjerat personil Band NOAH, David Kurnia Albert Dorfel.

Oleh karena itu, polisi memanggil kedua pihak yakni antara pelapor dan terlapor untuk hadir pada Senin (30/8/2021) guna menjalani mediasi.

"Karena pengakuan dari saudara David bahwa sudah ada beberapa yang dibayarkan. Makanya ini yang perlu kami pertemukan sekarang untuk kami mengetahui objek perkaranya seperti apa dan hasilnya seperti apa pertemuan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Senin (30/8/2021).

Pihak kepolisian berharap dari pertemuan tersebut, kedua belah pihak menemukan kata sepakat untuk berdamai.

"Harapan kami, adanya mediasi ini ada perdamaian dengan syarat (uang pelapor) dikembalikan. Kalau sudah ada kesepakatan, kami lakukan restorative justice," ucap Yusri Yunus.

1. Tidak Bisa Hadir

Sayang, David tidak bisa hadir. Hanya pihak Lina Yunita yang hadir ditemani kuasa hukumnya.

"Pelapornya datang, tapi saudara D diwakili pengacaranya karena yang bersangkutan sakit, jadi tidak bisa hadir," kata Yusri.

Seperti diketahui, kasus yang menimpa David berawal saat David dan kedua temannya meminta bantuan kepada Lina Yunita selaku pelapor untuk mendanai proyek pembangunan kapal di perusahaannya PT A pada 2019 senilai 1.150 miliar.

David dan kedua temannya menjanjikan untuk mengembalikan uang sekitar 3-6 bulan. Namun David dan kedua temannya belum juga mengembalikan uang tersebut.

Alhasil David dan dua temannya dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Laporan terhadap David teregistrasi dengan Nomor: LP/B/3761/VII/2021/SPKT Polda Metro Jaya tertangga 5 Agustus 2021. David dan temannya dilaporkan dengan Pasal 372 KUHP dan 378 KUHP.

Reporter:   Dadan Deva