Poppy Dharsono Bebas Dari Sanksi Badan Kehormatan DPD

Darmadi Sasongko | 21 Juli 2012, 09:16 WIB
Poppy Dharsono Bebas Dari Sanksi Badan Kehormatan DPD

Kapanlagi.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, yang juga desainer senior Poppy Dharsono dinyatakan tidak bersalah oleh Badan Kehormatan (BK) DPD RI dan terbebas dari sanksi. Sebelumnya, DPD mewakili Jawa Tengah itu dilaporkan ke BK DPD RI karena dianggap melanggar kode etik karena mengumumkan pernikahan sirinya dengan mantan Mensesneg (alm) Moerdiono.

"Saya merasa bersyukur bahwa dengan keluarnya Surat Keputusan dari Badan Kehormatan DPD RI ini akhirnya tuduhan dan fitnah yang dialamatkan kepada saya sebagai anggota DPD serta kepada almarhum Pak Moer secara sah dan resmi tidak dapat dibuktikan, tidak berdasar dan subjektif," ujar Poppy Dharsono saat dihubungi wartawan, Jumat (20/7).

"Tuduhan bahwa saya melakukan tindakan asusila dan melanggar kode etik DPD karena mengumumkan pernikahan siri yang saya laksanakan pada tahun 1998 dengan almarhum Moerdiono melalui buku Pak Moer Poppy The Untold Story yang ditulis oleh Derek Manangka terbukti merupakan pepesan kosong semata," tambahnya.

Diakui oleh Poppy jika apa yang dilakukannya dengan mengumumkan pernikahannya dengan Moerdino adalah untuk melindungi kehormatan dirinya dan Moerdiono. Sebelumnya, Poppy dituding telah tinggal satu rumah dengan Moerdiono tanpa ikatan perkawinan.

"Saya sebenarnya tidak ingin membuka tentang pernikahan siri yang saya lakukan dengan Pak Moer pada tahun 98 itu, karena hal itu awalnya hanya sebagai konsumsi internal keluarga saya. Akan tetapi, karena mereka telah menuduh saya hidup satu rumah tanpa ikatan pernikahan yang sah secara agama, akhirnya saya terpaksa mempublikasikan pernikahan siri tersebut untuk menjaga kehormatan saya dan kehormatan almarhum Moerdiono," pungkasnya. (kpl/adt/dar)

Editor:   Darmadi Sasongko