Postingannya Kenakan Hijab Tuai Reaksi Beragam, Grace eks JKT48 Buka Suara

Galuh Esti Nugraini | Kamis, 16 Mei 2019 23:16 WIB
Postingannya Kenakan Hijab Tuai Reaksi Beragam, Grace eks JKT48 Buka Suara

Kapanlagi.com - Dalam salah satu postingannya di Instagram, Martha Graciela atau yang kerap disapa Grace ini tampak mengenakan hijab. Postingan itu langsung ditanggapi beragam oleh netizen. Ada yang memuji, penasaran, sampai memberikan komentar tak sedap.

Ramai komentar tersebut tak lepas dari Grace yang diketahui memeluk agama Kristen. Apakah dirinya telah telah berpindah keyakinan? Atau sekadar mempromosikan produk hijab?

Gadis kelahiran Riau ini pun buka suara. Ia memberi penjelasan terkait postingan hijabnya itu. Dalam pemahamannya, agama Kristen juga mengajarkan kewajiban menutup aurat. Ia pun mengutip ayat dalam Alkitab untuk menjelaskannya.

"Emang benar bahwa saya beragama Kristen, tapi kemarin saya sempat memberitahu informasi di instagram story saya, bahwa wanita yang memeluk agama Kristen sebenarnya harus menutupi di bagian kepala dan menutup aurat, itu dituliskan di Korintus 5:11-15. Jadi, jangan salah paham dulu, memang di Indonesia ini masih sangat sensitif dan tidak banyak yang tahu," jelas Martha Graciela saat dihubungi lewat WhatsApp, Kamis (16/05/2019).

Postingan di insta story Grace (credit: instagram.com/stories/gmarthagraciela)Postingan di insta story Grace (credit: instagram.com/stories/gmarthagraciela)

 

 

 

1 dari 3 halaman

1. Bukan Promosi

Bukan Promosi Grace saat menjadi member JKT48 (credit: instagram.com/gmarthagraciela) diambil 16/05/2019 pukul 19.00
Banyak juga yang beranggapan jika postingan Grace karena tengah mempromosikan hijab dari salah satu toko online ternama Indonesia. Ya, hal itu seperti yang tertulis dalam caption, "Hi guys! Ini dia nih 3 barang favorite aku yang lagi suka banget aku pake di bulan Ramadan ini! Kalian mau tau #RacunAlaMarthaGraciela lainnya? cek profile tokopedia By Me aku di @tokopedia semua barang yang sering aku pake di bulan Ramadhan ada disana! click link on my bio!#TokopediaByMe #MulaiAjaDulu".

Namun ternyata setelah ditanya, tak ada hubungannya dengan caption. Ia mengaku memang atas keinginannya sendiri memakai hijab. Apalagi ia juga telah mengoleksi hijab beberapa.

"Tidak ada kaitannya dengan Tokopedia, karena memang saya ingin aja memakai, memang akhir-akhir (ini) saya mengoleksi pashmina dan cocok untuk campaign 'barang favorit yang saya pakai dan beli', jadi tidak ada paksaan atau creative content," ungkap gadis bernama lengkap Grimonia Martha Graciela ini.

2 dari 3 halaman

2. Keinginan Sendiri

Keinginan Sendiri Grqace (credit: instagram.com/gmarthagraciela) diambil 16/05/2019 pukul 19.00
Memakai hijab ini, Grace mengaku tidak adanya pertimbangan. Memang hal itu keluar atas keinginannya sendiri. Apalagi seperti yang ia ungkap bahwa menutup aurat juga menjadi kewajiban bagi pemeluk agama Kristen seperti yang tertulis dalam Alkitab.

"Tidak ada pertimbangan sama sekali dan memang keinginan dari saya, karena menurut saya sah-sah saja jika saya memakainya, alasannya sudah jelas, karena Alkitab dituliskan seperti itu, jadi jika ada netizen yang berbicara 'sok menghargai, tapi tidak menghargai agama sendiri' itu salah :) karena di Alkitab memang dituliskan untuk menutup aurat dan memakai kerudung," ucap mantan member JKT48 ini.

3 dari 3 halaman

3. Agama Bersifat Privasi

Tak dipungkiri jika apapun berkaitan dengan agama sifatnya sensitif. Namun di sini, Grace kembali menegaskan bahkan agama adalah urusan privasi. Seperti yang ia ucap bahwa 'agamaku ya agamaku, agamamu ya agamamu'.

"Sudah cukup kontroversi tentang agama, karena apapun agama saya, bukan urusan dari kalian, karena 'agamaku ya agamaku, agamamu ya agamamu' tidak perlu bikin ribet, karena agama sebenarnya bersifat privasi. Tidak perlu dipertanyakan dan diributkan, misalkan aku pindah agamapun, bukan urusan kalian. Hargailah pilihan orang," pungkasnya.

(kpl/dka/gen)


Reporter:  

Mahardi Eka Putra

↑