Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kini Usianya 60 Tahun, Ini 7 Potret Terbaru Tonah Ibunda Zaenab di 'SI DOEL ANAK SEKOLAHAN' yang Masih Tetap Aktif dan Lincah

Dhia Amira   | Kamis, 10 Maret 2022 21:11 WIB
Kini Usianya 60 Tahun, Ini 7 Potret Terbaru Tonah Ibunda Zaenab di 'SI DOEL ANAK SEKOLAHAN' yang Masih Tetap Aktif dan Lincah
Tonah Pemeran Ibunda Zaenab di 'SI DOEL ANAK SEKOLAHAN' (credit: Instagram/@sidoelanaksekolahan, instagram.com/tonahnasir)

Kapanlagi.com - Masih ingat dengan Mpok Ipah atau Mpok Ipeh yang berperan sebagai ibu Zaenab? Ya, sosoknya memang begitu menarik perhatian di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN. Sosoknya yang merupakan ibu Zaenab ini memang memiliki suara lantang dan kerap memaksakan kehendaknya menjodohkan Jaenab dengan pria lain.

Sudah bertahun-tahun berlalu, saat ini Mpok Ipah atau pemilik nama asli Tonah masih eksis di dunia hiburan Tanah Air loh KLovers. Bahkan, sosoknya di usia 60 tahun pun masih terlihat cantik dan awet muda loh KLovers. Selain itu, sosok Tonah juga masih konsisten menjaga kesenian Betawi hingga saat ini. Tidak heran bila sosoknya masih banyak dikagumi hingga saat ini.

Nah, bagi KLovers yang penasaran dengan sosok Tonah, pemeran ibu dari ibu Zaenab di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN, yang saat ini masih eksis. Yuk langsung saja dicek KLovers.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Seniman Lenong Senior

Gambar

Sosok Tonah merupakan seniman lenong yang memerankan tokoh ibu atau Maknya Zaenab dalam SI DOEL ANAK SEKOLAHAN. Ia tumbuh di lingkungan keluarga yang berprofesi sebagai seorang seniman, sehingga tidak heran bila sejak muda Tonah sudah merambah menjadi seniman Lenong.

Bahkan ia juga berprestasi bersama grup lenongnya, jadi Juara I Lomba Lenong Festival Lenong Departemen Penerangan. Lalu, bersama Nazar Amir menjadi Juara III Teater Hiburan Rakyat. Tidak heran bila akting Mpok Ipah ini begitu mendalami saat main di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN.

2. Datang dari Keluarga Seniman

Gambar

Ya, keluarga Tonah tidak main-main ya KLovers, Kakeknya adalah pemilik grup tanjidor bernama Tanjidor Gajen dan ayahnya, Muhammad Tohir, adalah pemimpin orkes melayu dengan nama Bumi Agung. Bahkan, kesembilan saudara kandungnya pun terjun sebagai pemain lenong loh.

3. Punya Banyak Bakat

Gambar

Tidak hanya itu saja, Tonah juga punya kemampuan ciamik dalam bidang tarik suara gambang kromong. Sekitar tahun 1970-an beliau sudah tampil nyanyi gambang kromong di depan Gubernur Ali Sadikin pada peresmian air mancur Beos Kota loh.

4. Naik Daun Setelah Perankan Mak Zaenab

Gambar

Setelah sukses menjadi pemain lenong, membuat Tonah mendapatkan kesempatan bermain sinetron. Bahkan, namanya langsung melambung naik ketika berperan sebagai ibu Zaenab di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN. Dan membuatnya masuk ke dalam level artis Nasional Tanah Air.

5. Konsisten Menjaga Warisan Leluhur

Gambar

Walaupun saat ini Tonah sudah masuk ke dunia hiburan Tanah Air, tidak membuat Tonah melupakan warisan leluhurnya loh KLovers. Ya, hingga saat ini Tonah masih konsisten menjaga warisan leluhur dan melestarikan budaya Betawi, lewat grup tanjidor Bumi Agung dan grup lenong Sinar Jaya yang dikelolanya.

6. Masih Aktif Bermain Sinetron

Gambar

Walaupun sinetron SI DOEL sudah lama berhenti selama bertahun-tahun, namun sosok Tonah masih eksis dan aktif dalam dunia hiburan loh KLovers. Ya, ia diketahui masih aktif bermain di sejumlah sinetron, salah satunya AMANAH WALI 5 di tahun 2021 lalu. Di sinetron tersebut ia berperan menjadi Mak Tonah yang juga merupakan nama aslinya.

7. Menolak Tua

Gambar

Walaupun saat ini usia Tonah sudah 60 tahun, namun sepertinya ia menolak tua ya KLovers. Ya, dalam berbagai kesempatan Tonah masih terlihat bugar dan semangat dalam melakukan setiap kegiatannya. Bahkan, wajahnya saat bermain di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN hingga saat ini tidak banyak berubah dan masih tetap cantik.

Itulah potret Tonah yang berperan sebagai Mpok Ipah atau Ipeh di sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN. Walaupun usianya masuk 60 tahun, namun sosok Tonah masih sehat dan cantik memukau.

Reporter:   Galuh Esti Nugraini