Pragiwaksono World Tour Usai, Pandji Pragiwaksono Ukir Sejarah

Ayu Srikhandi | Minggu, 27 Januari 2019 19:20 WIB
Pragiwaksono World Tour Usai, Pandji Pragiwaksono Ukir Sejarah

Kapanlagi.com - Pertunjukkan spesial Stand-up Comedy Pragiwaksono World Tour baru saja usai. Setelah melalui 13 Kota dan 4 negara, Pandji Pragiwaksono akhirnya menutup pertunjukkan spesial ke-5 sekaligus tur dunia ke-3nya ini pada 26 Januari 2018 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center Senayan.

Pertunjukan yang berlangsung selama kurang lebih tiga setengah jam ini memberikan pengalaman komedi yang berbeda. Kali ini, persatuan menjadi tema besar yang dipilih dalam pertunjukannya. Banyak peristiwa memilukan dan intoleransi yang terjadi di negeri ini rasanya melatarbelakangi tema besar tersebut.

Cerita personal sepak terjang kehidupannya juga dengan suka rela dipersembahkannya untuk ditertawakan bersama. Ayah dua anak ini mampu membawakan tiap materinya dengan lugas, menarik, dan tentunya membuat terpingkal. Informasi baru, pesan, dan nilai-nilai yang tersirat pun tidak luput tersampaikan. Jam terbang rasanya memang tidak pernah berbohong.

1 dari 3 halaman

1. Opening yang Memuaskan

Opening yang Memuaskan Pandji Pragiwaksono © Instagram.com/pandji.pragiwaksono
Seakan memberikan efek pemanasan, pukul 19.00 WIB, penampilan pertama dibuka oleh seorang komika lokal asal Jakarta Barat, Rere Rassofyan. Materinya yang dekat dengan penonton cukup memberikan sensasi tawa seperti yang diinginkan.

Tawa penonton pun kembali pecah ketika pembuka selanjutnya, Indra Frimawan memasuki panggung. Dengan ciri khas materi mind-blowing miliknya, Indra menjawab keraguan sekaligus rasa penasaran penonton, mengingat menjadi pembuka di Jakarta cukup bergengsi.

Tepuk tangan keras langsung menyambut sosok yang telah berdiri tegap di atas panggung diiringi lampu yang menyala. Penonton seakan menghargai segala perjuangan dan kerja keras Pandji selama ini. Tentunya perasaan bangga dan beruntung juga menyertai, mengingat sulitnya mendapatkan tiket yang telah dijual sejak 8 bulan yang lalu.

2 dari 3 halaman

2. Penampilan Luar Biasa

Penampilan Luar Biasa Pandji Pragiwaksono © KapanLagi,com/Akbar Prabowo Triyuwono
Pertunjukan usai sekitar pukul 22.30 WIB yang disertai tepuk tangan meriah penonton sambil menapakkan kaki untuk lekas berdiri. Wajah puas, lega, bangga, dan haru langsung terpancar dari wajahnya mengingat perjuangannya telah usai. Flashlight smartphone penonton pun kompak langsung dinyalakan sesuai permintaan dan bagaimanapun, ini menjadi wujud apresiasi untuknya. Tidak lama, momen tersebut segera diabadikan olehnya.

Totalitasnya ditutup pukul 02.30 WIB dini hari setelah bertemu sekaligus berfoto bersama para fans. Meskipun lelah, senyumnya masih dapat terlihat jelas di wajahnya.

Berbagai pencapaian sepertinya baru saja ditorehkan oleh seorang Pandji Pragiwaksono. Pertama, Plenary Hall JCC yang biasa digunakan menjadi tempat konser, Pandji menjadi orang pertama yang berdiri untuk berkomedi di tempat tersebut.

Bukan hanya itu, Plenary Hall JCC pada Sabtu malam, 26 Januari 2019 menjadi saksi 5000 orang dengan kesadaran penuh untuk pertama kalinya dalam sejarah menyaksikan satu orang melawak di atas panggung. Tercatat, rekor pun terpecahkan.

Menariknya lagi, untuk pertama kalinya juga ada fasilitas baru yang belum pernah ada sebelumnya. Yap, day care atau tempat penitipan anak dihadirkan Pandji untuk memberikan ketenangan bagi para orangtua yang haus akan tawa.

3 dari 3 halaman

3. Umumkan Tur Tahun Depan

Menjadi sosok pendiri stand-up comedy di Tanah Air, Pandji terus mendukung perkembangan untuk hal yang dicintainya ini. Usai pertunjukan, komedian bertalenta yang merambah dunia tarik suara dan film ini memberikan beberapa pengumuman baru yang cukup penting.

Pengumuman tersebut berupa Jakarta International Comedy Festival 2019 yang akan segera diselenggarakan dua hari penuh di seluruh area JCC Senayan. Festival komedi pertama dan terbesar di Indonesia itu, kata Pandji, akan hadir dalam waktu dekat di tahun ini.

Seakan tidak pernah puas dan menjadi wujud kecintaannya pada stand-up comedy, Pandji mengumumkan tur komedi selanjutnya tahun depan. Poster besar dengan muka setengah badutnya beserta tulisan #KOMOIDOUMENOI MMXX terpampang jelas yang menjadi petunjuk.

Selain itu, dirinya pun merilis sebuah portal baru tempat membeli merchandise dan digital download pertunjukkan spesial para komika bernama comika.id. Respek!

(kpl/apt/jje)


↑