Prihatin Dengan Berita Hoax, Marsha Tengker Berikan Tips Menangkalnya

Sanjaya Ferryanto | 05 Oktober 2017, 06:15 WIB
Prihatin Dengan Berita Hoax, Marsha Tengker Berikan Tips Menangkalnya

Kapanlagi.com - Dunia maya terutama dengan sosial media yang ada menghadirkan kemudahan bagi para pengguna untuk saling sharing informasi. Namun di sisi lain saat ini bermunculan banyak konten negatif dan hoax. Marsha Tengker adalah salah satu yang pernah terkena berita hoax.

"Ngerasa jadi korban iya sih, tapi aku melihatnya ya kalau orang kan nggak ada yang semuanya positif, sebaik-baiknya orang pasti ada aja yang nggak suka. Jadi kalau ada berita (hoax) begitu sih, nggak akan aku dengerin dan paling aku block atau aku delete, jadi nggak usah dibuat pusing lah, hidup udah susah," ungkapnya ditemui di Aula Dewan Harian Nasional, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2017).

Dirinya pun mengajak orang-orang untuk memberantas berita-berita hoax. Marsha pun kerap menyebarkan informasi mengenai acara-acara yang membahas tentang berita hoax dan palsu.

Marsha Tengker © Kapanlagi/Bayu HerdiantoMarsha Tengker © Kapanlagi/Bayu Herdianto

"Cara ngajaknya makin banyak nyebarin (informasi) aja sih, ada acara kayak gini yang nantinya jadi bahan diskusi, banyak juga orang-orang yang nanya langsung ke aku 'kenapa mau aktif di kayak begini apa tujuannya' ya sering-sering aja kita jawab kasih tau pelan-pelan, mungkin efeknya nggak langsung besok, tapi harapannya ada lah untuk orang lain, mungkin setahun ke depan atau dua tahun ke depan. Kita itu tanem bibit lah," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, dirinya juga berbagi tips untuk terhindar dari berita hoax. Menurutnya semua itu kembali lagi ke dalam diri masing-masing.

"Tips sih balik lagi ke diri sendiri, pilah pilah aja kalau ada yang nggak ngenakin kenapa mesti didengerin, ibaratnya gini, yang positif kita ambil, yang negatif nggak usah didenger. Toh kalau aku dengerin orang itu harus diliat dulu, seberapa penting orang itu di hidup aku, kalau memang dia orangnya membangun dan penting buat aku, jadi aku dengerin, tapi kalau cuma untuk jelek-jelekin aja, ya ampun hidup udah susah jangan bikin tambah susah," tutupnya.

(kpl/far/frs)

Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi