Proses Transformasi Gebby Vesta, Paling Lama Urusan Ubah Data Hukum

Rezka Aulia | Jum'at, 20 September 2019 22:35 WIB
Proses Transformasi Gebby Vesta, Paling Lama Urusan Ubah Data Hukum

Kapanlagi.com - Kini Gebby Vesta telah mengakui dirinya seorang wanita transeksual. Pengakuan mengejutkan ini jelas menjadi topik hangat di masyarakat. Gebby mengakui telah jadi transgender sejak usia 19 tahun serta melakukan operasi di Thailand sekitar tahun 2013.

Tak sekadar mengubah kelamin, Gebby juga mengubah identitasnya secara hukum. "Saya sudah melakukan pergantian data diri, semua sudah sidang. Di mata hukum, di mata negara saya sudah sah perempuan," paparnya pada KapanLagi saat dihubungi pada Jumat (20/9).

 

 

 

1 dari 2 halaman

1. Sah Sebagai Wanita

"Semua dari KK, KTP, Paspor, semua berubah. Kan saya sampai sidang untuk mengesahkan itu," imbuhnya.

Gebby mengakui sejak masih kanak-kanak ia tak pernah merasa seperti laki-laki. Ia berperilaku layaknya wanita dan memutuskan melakukan operasi, transformasinya sendiri memakan dana 148 juta untuk operasi kelamin dan payudara. Kini tak hanya tubuhnya yang telah berubah, data diri secara hukum pun telah sah sebagai perempuan.

2 dari 2 halaman

2. Butuh Tiga Kali Sidang

Butuh Tiga Kali Sidang © instagram/gebby.vesta_
Proses yang dijalani untuk mensahkan status sebagai wanita tak mudah. Gebby harus bolak-balik ke kantor pemerintah.

"Hampir setahun karena harus ngurus sana-sini, ke Capil, sidang tiga kali," pungkasnya. Namun Gebby bersyukur lingkungannya masih mendukung dan menerimanya setelah pengakuan mengejutkan itu.

 

 

(kpl/abs/rna)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑