Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Punya 2 Anak, Sandra Dewi Masih Belajar Parenting dan Jadikan 'Tentang Anak' Sebagai Pedomannya

Senin, 29 November 2021 11:02 WIB
Punya 2 Anak, Sandra Dewi Masih Belajar Parenting dan Jadikan 'Tentang Anak' Sebagai Pedomannya
instagram.com/@sandradewi88

Kapanlagi.com - Tentang Anak adalah sebuah ekosistem parenting melalui media sosial yang bisa membantu orangtua dalam hal mengasuh buah hati. Tentang Anak didirikan oleh pasangan suami istri dr. Mesty Ariotedjo Sp.A seorang dokter spesialis anak lulusan John Hopkins Bloomberg School of Public Health dan Garru Juanda, Lulusan Harvard Business School yang sebelumnya sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia teknologi seperti Rakuten dan Tokopedia.

Tentang Anak sendiri dibuat karena fakta yang cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia memiliki 30% anak yang tak tumbuh sesuai potensi optimalnya. Bahkan satu dari tiga balita di Indonesia mengalami stunting. Dalam pertumbuhan anak, ada 4 faktor utama yang memengaruhi tumbuh kembang si kecil seperti nutrisi, stimulasi, pengasuhan dan kondisi sosioekonomi keluarga.

Hal ini yang kemudian didirikannya ekosistem Tentang Anak untuk mendampingi Ayah dan Bunda dalam menyediakan tak hanya akses edukasi tapi juga seluruh kebutuhan buah hati serta memahami pentingnya peran dan kerja sama untuk membantu tumbuh kembang anak yang optimal. Tentang Anak sendiri sudah menemani para orangtua seluruh Indonesia selama satu tahun.

"Meskipun memiliki pengalaman sebagai dokter anak, saya dan pasangan juga merasakan sulitnya pengalaman pertama sebagai orang tua dalam mengasuh anak, hal tersebut menginspirasi kami untuk membentuk sebuah ekosistem yang dapat membantu jutaan orang tua di Indonesia menjalani peran mereka dengan lebih baik," ucap Mesty Ariotedjo, Co-founder dan CEO saat press conference virtual Jumat (26/11) lalu.

1. Jadi Pedoman Sandra Dewi

Gambar

Menjadi orangtua adalah pekerjaan yang tentu tidak mudah. Hal ini pun diakui aktris cantik Sandra Dewi. Istri Harvey Moeis ini sudah dikaruniai 2 orang putra yang menggemaskan, tapi Sandra Dewi selalu merasa ada pembelajaran baru dalam mengasuh anak.

"Aku sudah punya 2 anak. Aku pikir sudah banyak tahu tentang anak, ternyata aku enggak tahu apa-apa semakin mengikuti Tentang Anak. Saya adalah orang tua yang sangat bersyukur, apa pun baca di Tentang Anak dan dipraktekan sebagai ibu. Manfaatnya banyak, saya bisa terapkan ke anak," ucap Sandra Dewi saat jadi bintang tamu di acara virtual #TentangAnakNomor1.

Sandra Dewi mengakui baru mengetahui bahwa sebaiknya anak berhenti ngedot di usia 1,5 tahun dan mulai belajar minum melalui gelas atau menggunakan sedotan.

"Contohnya kayak anak sudah enggak ngedot dari 1,5 tahun. Kalau Rapha sampai 2 tahun. Harusnya, 'Oh harus pakai gelas atau sedotan kalau minum susu'. Mikha saya gak mau telat, saya ajarkan pakai gelas," lanjutnya.

Selain itu, Sandra Dewi juga mengakui semakin mengerti soal vaksin untuk anak setelah mendengar informasi dari Tentang Anak. Dirinya semakin yakin akan manfaat vaksin anak setelah dijelaskan oleh seorang profesor.

"Sebagai ibu saya merasa terbantu dengan adanya informasi tentang anak. Vaksin ternyata membantu kepintaran kepada anak. Saya tidak pernah lupa vaksin anak. Itu pengaruh ke pintaran anak. Saya percaya karena yang ngomong itu profesor," tutur Sandra Dewi.

Tak mau coba-coba dalam hal mengasuh anak, Sandra Dewi menjadikan pedoman Tentang Anak untuk ilmu parenting.

"Kita nggak boleh mengunggah semua, harus yang terpercaya. Buat anak enggak mau coba-coba dalam mengasuh anak. Ibu dari 2 anak lebih pintar dari 1 anak itu ternyata enggak," kata Sandra Dewi.

 

Topik Terkait