Putra Bungsu Rhoma Irama Seorang Dalang Cilik

Ahmat Effendi | 11 November 2011, 06:01 WIB
Putra Bungsu Rhoma Irama Seorang Dalang Cilik
Kapanlagi.com - Wayang kulit adalah warisan bangsa yang harus dijaga kelestariannya. Bagi putra bungsu Rhoma Irama dari istrinya yang bernama Gita Andini Saputri dan tinggal di Solo, Adam Givari, wayang kulit bukanlah hal yang asing.

"Adam mulai belajar mendalang mulai dari umur 3 tahun, sampai sekarang saya sudah ngedalang 7 tahun dan sudah sering tampil, tampil buat wayang kulit sama wayang golek," ucap Adam Givari, putra bungsu Rhoma Irama ditemui di Blitz Megaplex, Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (10/11).

Meski masih kecil, berbagai kota pernah dijajaki Adam untuk tampil sebagai dalang. Baru berumur 10 tahun, namun alasan Adam untuk belajar sebagai dalang cukup rasional.

"Orang tua ngedukung, paling jauh banyak kota-kotanya Semarang, Bekasi, Solo, Yogya," ucap Adam. Kenapa milih dalang? "Kalo saya keinginan sendiri untuk melestarikan budaya jawa. Itu juga yang diajarkan sama Mama," tegasnya.

Awal tertariknya Adam terhadap dunia pewayangan juga cukup menarik. Anak kecil ini meminta sendiri wayang pertamanya. Ingin serius mempelajari budaya peninggalan leluhur tersebut Adam pun meminta untuk les dalang.

"Awalnya itu saya pergi ke Banjar lalu melihat wayang dari kardus lalu minta mama dibelikan, lalu saya meminta mama untuk diikutkan les dalang, sampai sekarang," tandasnya.  (kpl/adt/sjw)

Editor:  

Ahmat Effendi