Putra Dede Sunandar Sudah Menigdap Williams Syndrome Sejak Usia 3 Bulan

Dhimas Nugraha | Kamis, 15 Agustus 2019 19:43 WIB
Putra Dede Sunandar Sudah Menigdap Williams Syndrome Sejak Usia 3 Bulan

Kapanlagi.com - Pelawak Dede Sunandar atau Dede Cungkring kini tengah mengahadapi ujian berat. Putra keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar divonis mengidap penyakit langka bernama Williams Syndrome.

Dede sendiri baru mengetahui putranya ternyata mengidap Williams Syndrome saat masih berusia 3 bulan. Atas saran dari dokter, untuk mendapatkan perawatan intensif dan operasi, Dede harus menunggu si buah hati berusia di atas satu tahun.

"Ketahuannya dari 3 bulan. Sekarang udah 1 tahun 4 bulan. Jadi harus ada tindakan. Makanya lebih cepat lebih baik," kata Dede Sunandar saat ditemui di gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

"Karena kan umur beberapa bulan belom boleh dioperasi kan. Sesuai dengan ketentuan dari dokter. Kalau kata dokter 1 tahun lebih lakukan tindakan operasi. Kalau bersedia disiapin semuanya," sambungnya.

 

1 dari 3 halaman

1. Dapat Tawaran Berobat di Amerika

Dapat Tawaran Berobat di Amerika Credit: Instagram/dede_sunandar
Kondisi langka yang dialami sang buah hati pun ternyata mendapat perhatian dari salah satu komunitas di Amerika. Dede Sunandar pun mendapat tawaran agar putranya jalani perawatan di sana, dan tentu saja semua biaya akomodasi ditanggung oleh komunitas.

"Kalau itu istri Dede kan bikin status Williams Syndrom. Terus, ada orang Amerika yang kayak komunitas gitu ngajakin berobat di sana. 'Nanti akomodasi dan biaya rumah sakit di sana ada yang nanggung'. Cuma Dede sama istri kan bingung," uajrnya.

"Dede tinggal di sana di tempat siapa. Maksudnya lebih besar mungkin pengeluaran buat Dede harus ngejalanin di sananya. Makanya dari Dede sama istri yaudah kita coba di Indonesia dulu aja. Mudah-mudahan ada jalan yang terbaik dan doa yang terbaik," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

2. Putra Dede Termasuk Satu dari Satu Juta Pengidap Williams Syndrome

Putra Dede Termasuk Satu dari Satu Juta Pengidap Williams Syndrome Credit: Instagram/dede_sunandar
Dede Sunandar mengatakan, jika anaknya termauk satu dari satu juta anak yang mengidap William Syndrome yang ada di seluruh dunia. Untuk di Indonesia sendiri, selain putranya, ada salah satu anak yang juga mengidap Williams Syndrom.

"Dari satu juta berapa orang gitu di dunia, termasuk anak saya. Dan kebetulan, temen Dede kenal dari komunitias Williams Syndrom ada yang dari Bekasi, ada yang di Menteng umurnya 4 tahun sekarang. Udah berapa kali operasi.

"'Doa terus aja yang penting Dede', kata dia gitu walaupun kondisinya lebih baik daripada anak saya. Maksudnya, anak saya nggak terlalu kelihatan kayak orang sakit gitu. Kodisinya benar-benar cuma bedanya si gigi sama si pertumbuhannya doang sih," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

3. Tetap Bersyukur Kepada Yang Maha Kuasa

Tetap Bersyukur Kepada Yang Maha Kuasa Credit: Instagram/dede_sunandar
Kendati kondisi anaknya yang kurang sehat ini, Dede Sunandar masih tetap bersyukur. Ia menganggap Williams Syndrome yang diderita oleh putra keduanya ini merupakan titipan dari Yang Maha Kuasa.

"Pas dokter ngelihat 'coba gue pengin lihat bapaknya?' Kata dia gitu. Pas dilihat 'Ah sama kayak bapaknya. Lu punya penyakit jantung nggak?' kata dokter. 'Nggak dok' 'coba tanya deh kekeluarga yang lain' 'alhamdulillah nggak' saya bilang gitu. Yaudah, berarti ini titipan dari Allah. Bersyukur aja," tuturnya.

(kpl/far/dim)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑