Putra Dian Sastro Kini Sudah Lepas dari Tanda-Tanda Pengidap Autisme

Guntur Merdekawan | Sabtu, 24 Agustus 2019 12:15 WIB
Putra Dian Sastro Kini Sudah Lepas dari Tanda-Tanda Pengidap Autisme

Kapanlagi.com - Dian Sastro mengungkap jika putranya, Shailendra Naryama Sastraguna sempat menunjukkan tanda-tanda mengidap autisme saat masih balita. sang buah hati disebut kesulitan berkomunikasi untuk menyampaikan keinginannya, selain itu juga tidak pernah bisa menjaga kontak mata dengan Dian yang notabene ibunya sendiri.

Dian lantas membawa Shailendra untuk periksa ke dokter psikolog. Untuk benar-benar memastikan, bintang film ADA APA DENGAN CINTA itu bahkan sampai menemui 3 dokter berbeda. Sementara itu, sang suami, Maulana Indraguna juga kesulitan menerima kenyataan tersebut.

"Waktu saya periksa anak saya, suami masih denial sampe 2 tahun kemudian. Tahun awal ciri-ciri autisme di anak saya kental banget," ungkap Dian ketika ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

1 dari 2 halaman

1. Anak Dian Sastro Sudah Sembuh

Lebih jauh, Dian juga menceritakan hari-hari beratnya sebagai orangtua saat sang buah hati menunjukkan perilaku tak biasanya tersebut. Akan tetapi, Dian kini bisa bernapas lega. Shailendra disebut sudah benar-benar sembuh dari tanda-tanda seorang pengidap autisme.

"Kalau sekarang dari 7 ciri itu, saya udah nggak lihat lagi. Tapi waktu awal saya lihat semua. Dia terlambat bicara, jadi sulit komunikasi. Ciri anak sulit komunikasi mereka sering tantrum, hal yang agak malu-maluin kalau kita ke mall, acara keluarga, kalau dia mau sesuatu tapi gagal mengkomunikasikan itu jadi tantrum, akhirnya jadi tontonan orang, keluarga. Saya harus manage kekuatan batin orang-orang yang ada di sekitar kita, eyang, suami saya. Saya harus tenangin diri saya, tapi saya juga harus manage mereka. Makanya kita harus lebih giat latih dia untuk bisa ngomong," sambung wanita berusia 37 tahun itu.

2 dari 2 halaman

2. Kesedihan Dian Sastro di Masa Lalu

Dian Sastrowardoyo © KapanLagi/Daniel Kampua
Dian tak menampik jika Ia sempat merasa begitu sedih melihat kondisi putranya kala itu. Bahkan, pemeran Dewi Api dalam Jagat Semesta Bumilangit ini sempat merasa jika dirinya bukan orangtua yang baik karena tak bisa membimbing putranya dengan benar.

"Dulu rasanya kayak sedih, kenapa sih? Aku pengen loh jadi ortu bisa bonding sama anaknya. Saat dia belum bisa komunikasi dengan baik, aku juga rasanya kayak, 'Kapan ya dia tau aku sayang sama dia?'. Rasanya sedih, tapi bukan mau give up. Akhirnya saat ini yang aku impikan itu terjadi," tutup Dian.

(kpl/apt/gtr)


↑