Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Rachel Venya Rogoh Kocek Hingga Rp 40 Juta untuk Kabur Dari Karantina

Jum'at, 10 Desember 2021 21:57 WIB
Rachel Venya Rogoh Kocek Hingga Rp 40 Juta untuk Kabur Dari Karantina
Rachel Vennya siapkan Rp 40 juta untuk kabur dari karantina © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Aksi selebgram Rachel Venya kabur dari Wisma Atlet agar tidak menjalankan karantina kesehatan, rupanya sudah direncanakan matang sejak dirinya masih berada di Amerika Serikat. Hal itu terungkap di sidang perdana yang digelar di Pengadilan Negeri Tangerang, Jumat (10/12).

Untuk mempermulus rencananya itu, Rachel Vennya bahkan sampai rela mempersiapkan budget sampai Rp 40 Juta. Hal ini diakui langsung olehnya di depan hakim yang bertugas.

"Saya telepon Intan, teman saya. Saya tanya bagaimana caranya supaya tidak karantina. Lalu dikasih nomor telepon Mbak Ovelina," kata Rachel di ruang sidang.

1. Transfer Rp 40 Juta Saat di Amerika

Gambar

Sesuai dengan rencana awalnya itu, Rachel Vennya akhirnya memberikan uang Rp 40 juta ke Ovelina Pratiwi. Meski begitu, Rachel mengaku kalau uang tersebut kini sudah dikembalikan padanya.

"Saya bayar Rp 40 juta. Saya transfer ke Ovelina. Saat itu saya masih di Amerika. Tapi sekarang uangnya sudah dikembalikan,"  kata Rachel Venya.

2. Sama Sekali Tidak Registrasi

Gambar

Singkat cerita, setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Rachel bersama kekasihnya, Salim Nauderer dan manajernya, Maulida Khairunnia, diarahkan Ovelina untuk naik bus menuju Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta Utara.

"Sampai Wisma Atlet, ketemu orang pakai seragam TNI. Habis itu langsung pulang ke rumah. Tidak registrasi," kata Rachel Venya.

3. Permintaan dari Satgas Covid-19

Gambar

Sementara itu, Ovelina Pratiwi yang juga menjadi terdakwa dalam kasus tersebut, mengatakan uang sebesar Rp 40 juta tersebut merupakan permintaan Satgas Covid-19. Untuk bisa lolos dari karantina, Satgas meminta Rp 10 juta per kepala.

"Jadi angka itu keluar dari satgas sendiri. Satgas minta satu orang Rp10 juta. Saya sampaikan itu ke Rachel, dan dia kirim Rp 40 juta," kata Ovelina.

4. Sempat Bagi-Bagi Uangnya dengan Oknum

Gambar

Menurut Ovelina, uang yang dia terima dari Rachel kemudian ditransfer ke rekening atas nama Kania, adik dari oknum TNI AU yang ikut membantu meloloskan Rachel dari karantina.

"Saya transfer Kania 30 juta. Sisanya 10 juta saya bagi di lapangan, saya 4 juta, Eko 4 juta, dan Zarkasih 2 juta," tuturnya.

5. Tidak Nyaman Saat Karantina

Gambar

Lebih lanjut, Rachel Vennya yang menyesali perbuatannya mengaku nekat melanggar peraturan karantina kesehatan karena merasa tak nyaman. Hal ini diakuinya ketika pulang dari Dubai beberapa waktu silam.

"Sebelumnya saya pernah karantina dan saya nggak nyaman. Itu waktu saya pulang dari Dubai, harus karantina 5 hari," tukasnya.