Raih Awards, Trio Macan Berbenah Diri

Arai Amelya | 30 November 2011, 17:05 WIB
Raih Awards, Trio Macan Berbenah Diri
Kapanlagi.com - Bertempat di studio ANTV Epicentrum, Selasa (29/11) malam, grup dangdut Trio Macan kembali mengukir sejarah dengan menyabet penghargaan KLIK! Awards 2011. "Ini pencapaian kreatifitas," kata Iva, salah seorang personil Trio Macan usai menerima penghargaan.

Lewat video klip berjudul Sakit Hati (karya Dodhy Kangen Band) dengan sutradara Renny Fernandes, mereka berhasil meraih kemenangan sebagai Video Klip Terbaik Kategori Dangdut, mengalahkan klip-klip dangdut lainnya, seperti Hamil Duluan, Kawin Cerai, dan lainnya.

Kemenangan Trio Macan kali ini, menurut mereka mempertegas eksistensi sebagai grup vokal dangdut yang mencoba serius menggeluti panggung musik. Di tengah keprihatinan Trio Macan yang saat ini sedang diuji eksistensinya, menyusul maraknya penjiplakan dan plagiatisme, dengan hadirnya macan-macan palsu yang muncul hanya ingin merusak nama dan eksistensi Trio Macan.

"Mohon doa restunya, karena posisi Trio Macan saat ini sedang 'bersih-bersih' atas image jelek yang dilemparkan ke kita," kata Iva Novanda.

Semenjak Trio Macan meraih penghargaan ajang internasional MTV dan mengharumkan nama Indonesia di ajang tiga tahun yang lalu, Trio Macan memang secara image terus berbenah diri, dari stempel sebagai grup dangdut yang vulgar dan seronok.

"Tapi upaya pembenahan itu dikotori oleh maraknya macan-macan palsu, yang mendompleng popularitas Trio Macan di panggung musik. Mereka menjiplak secara persis baik kemiripan nama, penampilan, hingga goyangan. Cuma mereka lebih banyak tampil dengan bumbu seronok di panggung yang membuat nama Trio Macan dikategorikan sebagai salah satu grup penyanyi yang seronok. Padahal yang tampil seronok bukan kita, tapi Trio Macan palsu," papar Iva panjang lebar.

Berangkat dari keprihatinan ini, manajemen Trio Macan sebagai pemilik sah hak merk Trio Macann melaporkan ke polisi sejumlah pihak terkait pemakaian merk jasa Trio Macan tanpa ijin.

"Saya berharap ini menjadi momentum yang baik bagi industri musik indonesia, untuk menghargai kreatifitas dan originalitas. Lebih menghargai jerih payah orang lain, dan sama-sama menjaga etika bisnis yang fair," kata Agi Sugiyanto, CEO PT. Media Musik Proaktif sebagai pemegang hak merk Trio Macan.

Upaya pembenahan yang dilakukan Trio Macan saat ini, di antaranya dengan menata kostum, penampilan, dan pemilihan lagu-lagunya. Dan yang terpenting adalah kreatifitas koreografi. Baru-baru ini Trio Macan mendatangkan koreografer asal Singapura, untuk memperkaya khasanah gerakan Trio Macan yang dikenal original dan eksklusif itu.  (kpl/gum/aia)

Editor:  

Arai Amelya