Raisa vs Isyana Sarasvati, Dua Musisi Perempuan Hebat dan Multitalenta Tanah Air

Dhimas Wahyu Nugroho   | Jum'at, 30 Juli 2021 15:21 WIB
Raisa vs Isyana Sarasvati, Dua Musisi Perempuan Hebat dan Multitalenta Tanah Air
©instagram.com/raisa6690/isyanasarasvati

Kapanlagi.com - Belantika musik Tanah Air kini dipenuhi dengan musisi-musisi bertalenta. Dari sekian banyaknya musisi talenta yang menyebar di seluruh Indonesia, gak afdol rasanya kalau tak membicarakan Raisa dan Isyana Sarasvati

Ya, dua soloist wanita yang namanya selalu menjadi perbincangan sejak lima tahun terakhir ini sepertinya tak pernah berhenti menunjukkan taringnya sebagai musisi. Tak hanya di dalam negeri, dua diva muda ini juga mampu bersaing dengan musisi-musisi dunia lainnya. 

Beberapa hal yang membuat dua perempuan luar biasa ini patut diberikan apresiasi sebagai musisi, tak lain karena ide-ide cemerlang keduanya dalam menciptakan atmosfer musik di Indonesia yang jadi makin beragam dan lebih berwarna. 

Tak hanya itu saja, di awal kemunculannya, Raisa bahkan mampu mengubah trend musik di Indonesia, pun begitu dengan Isyana yang baru-baru ini juga membuat gebrakan dengan idealisme musiknya.

Simak beberapa fakta menarik seputar Raisa dan Isayana di sini!

1. Latar Belakang Musik

Raisa dan Isyana memiliki latar belakang yang berbeda soal musik. Raisa mengenal musik secara otodidak. Punya suara bagus, di masa mudanya, Raisa pun tergabung dalam band di SMA sebagai seorang vokalis. 

Tak hanya itu saja, Raisa juga jago bermain piano, dan karena bisa bermain piano inilah, Raisa bisa mencipatakan lagu-lagunya sendiri dengan ciri khasnya sendiri. 

Di sisi lain, Isyana sudah berjibaku dengan not balok sejak kecil. Apalagi, sang bunda yang ternyata juga seorang guru musik turut berperan dalam kehidupan Isyana dalam bermusik. 

Ketertarikannya di bidang musik pun membuatnya memutuskan untuk kuliah di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya. Gak cuma itu, Isyana juga bisa memainkan beberapa instrumen musik, seperti piani, biola, gitar, dan flute. Dan karena ini pula yang membuatnya bisa menciptakan banyak lagu.

2. Musikalitas

Debut dengan single Serba Salah di tahun 2010, Raisa langsung menjadi perbincangan publik Tanah Air. Tak hanya itu saja, ia bahkan mampu mengubah trend musik di Indonesia yang saat itu lebih banyak didominasi oleh musik-musik melayu, hingga akhirnya berubah menjadi lebih groovy dan jazzy

Tak sekadar berparas rupawan, kemampuan vokal Raisa pun menjanjikan. Wanita kelahiran 6 Juni 1990 ini punya warna vokal yang berbeda dengan kebanyakan penyanyi perempuan di Indonesia. Dan karena suaranya yang unik itu pula membuatnya digandrungi banyak orang. 

Empat tahun berselang dari kemunculan Raisa, bintang baru pun kembali bersinar. Ya, tahun 2014, industri musik Tanah Air kembali menelurkan seorang jenius bernama Isyana Sarasvati. 

Dikenal lewat lagunya yang berjudul Tetap Dalam Jiwa, Isyana menjelma menjadi idola baru, bahkan nyaris menggeser ketenaran Raisa yang saat itu lebih senior. Dan sama dengan Raisa, Isyana juga punya kualitas suara yang jempolan, unik, dan berkarakter. 

Untuk penghargaan, Raisa dan Isyana Sarasvati sudah banyak meraih penghargaan dari berbagai ajang termasuk penghargaan internasional dari Mnet Asia Musik Awards 2017 saat mereka berdua berkolabirasi. 

3. Kreativitas

Sebagai seorang musisi, Raisa dan Isyana pun dituntut untuk lebih kreatif dalam bermusik. Tak ayal, dalam beberapa tahun kariernya, dua diva ini sudah menelurkan banyak single, dengan jenis musik yang berbeda-beda, dari jazz, groove, sampai ballad pun mereka jabani.

Raisa, mengawali kariernya dengan musik-musik jazzy dengan beat yang lebih cepat. Namun, perubahan pun terjadi setelah ia berkecimpung di industri musik selama beberapa tahun setelah debutnya.

Bagi para penggemar musik, tentunya sudah gak asing lagi dengan lagu-lagu super galau dari Raisa, seperti Apalah (Arti Menunggu), Terjebak Nostalgia, dan Kali Kedua yang berhasil membuat para pendengarnya makin terbawa perasaan. 

Di sisi lain, Isyana mulai memasukkan idealisme-nya di dalam album-album barunya. Di tahun 2020 lalu, Isyana merilis album berjudul LEXICON yang mana, musik yang ia bawa pun berubah drastis dan menjadi lebih powerfull

Dan di tahun 2021 ini, Isyana kembali membuat gebrakan dengan merilis tiga single metal yang salah satunya berkolabirasi dengan band metal indonesia, Deadsquad. Lagu baru Isyana ini pun sukses menarik para penggemar musik metal di Indonesia dan mancanegara. 

4. Aksi Panggung

Sebagai penampil, aksi panggung menjadi hal wajib yang harus mereka suguhkan kepada para penggemar dan juga para penonton mereka. Di setiap pertunjukkan musik, baik itu konser atau sekadar show di tv, Raisa dan Isyana punya konsep yang berbeda. 

Sebagai penyanyi pop dan ballad, Raisa lebih sering tampil memakai gaun yang membuatnya semakin anggun. Di setiap konser atau show, Raisa selalu bisa memukai para penontonnya dengan busana yang melekat di tubuhnya. 

Hal berbeda dilakukan oleh Isyana. Di awal kariernya, Isyana memang sering tampil memakai gaun. Namun, dengan gaya musiknya yang baru ini, Isyana lebih sering tampil lebih garang dan chic, dengan perpaduan metal dan gothic seperti di lagu-lagu terbarunya. 

5. Kehidupan Pribadi

Sebagai dua musisi yang banyak digandrungi para penggemarnya, terutama laki-laki, pernikahan Raisa dan juga Isyana pun ditetapkan sebagai Hari Patah Hati Nasional. 

Seperti yang diketahui, Raisa menikah dengan Hamish Daud pada 2017 lalu. Pernikahan Raisa pun sukses membuat banyak pria Indonesia patah hati. Pun begitu dengan Isyana yang tiba-tiba mengumumkan pernikahan pada awal 2020 lalu yang membuat para pria kembali patah hati.

Nah, dari kedua musisi hebat ini, kalau disuruh pilih, kalian pilih yang mana KLovers? Raisa atau Isyana Sarasvati? 

Editor:   Dhimas Wahyu Nugroho