Ratna Listy Beri Motivasi Suku Pedalaman

Fajar Adhityo | 19 November 2011, 18:42 WIB
Ratna Listy Beri Motivasi Suku Pedalaman
Kapanlagi.com - Menjadi duta komunitas masyarakat terpencil dari Depsos membuat Ratna Listy harus rela masuk ke pedalaman untuk bertemu dengan berbagai suku-suku. Ratna sendiri bertugas untuk membantu memotivasi suku tersebut yang telah mendapat bantuan dari pemerintah.

"Nah gimana caranya mereka terbuka dengan bantuan pemerintah. Rumah misalnya, sudah dibangun mereka tinggali tapi begitu kita pergi, mereka juga kembali ke hutan. Sebenarnya mereka berhak dapat fasilitas perumahan," paparnya.

Selain itu Ratna juga harus mengajari anak-anak pedalaman tersebut belajar. Pasalnya ada kebijakan arif dari suku tersebut yang tidak membolehkan mereka untuk sekolah. Meski sudah berupaya keras untuk menggandeng, namun terkadang Ratna menemui jalan buntu karena masyarakat banyak yang tidak mau.

"Makanya kita gandeng pihak untuk mendukung ini. Tapi kembali menemui kendala jika mereka (masyarakat pedalaman) gak mau," ujar Ratna yang bersyukur bisa hidup seperti ini.

"Banyak bersyukur karena gak alami hidup kayak gitu," tukasnya saat dijumpai di Gedung Kesenian Jakarta, Kamis (17/11) malam. (kpl/dis/faj)

Editor:  

Fajar Adhityo