Ratna Listy Prihatin Fenomena Penjara Artalyta

Yunita Rachmawati | 15 Januari 2010, 17:01 WIB
Ratna Listy Prihatin Fenomena Penjara Artalyta
Kapanlagi.com - Imej penjara yang bisa membuat orang kapok dan tidak mau berbuat jahat lagi sepertinya sudah berangsur menghilang. Hal itu terlihat setelah fenomena penjara narapidana korupsi, Artalyta Suryani merebak ke publik, di mana dalam penjara tersebut ada fasilitas mewah seperti AC, TV, sampai ruang karaoke. Berbicara mengenai hal ini Ratna Listy mengaku prihatin.

"Sebenarnya berita itu membuat kita prihatin ya, kok jadi bisa dibisniskan. Penjara kok bisa dibayar. Penjara kok kayak kos-kosan saja, yang punya duit bayar sana-sini, yang punya duit bisa dapet fasilitas mewah. Ya, jangan begitu dong, kalau kayak gitu nanti orang bisa mau ke penjara, kan miris jadinya," kata Ratna, Kamis (14/1).

Dijumpai di Balai Sarwono, kawasan selatan bagian Jakarta, Ratna mengaku sempat mendengar penjara dengan fasilitas mewah. Namun ia tidak menyangka jika penjara ada yang seistimewa milik Artalyta. "Nggak nyangka fasilitasnya seperti hotel gitu. Harus diperbaiki hukum di Indonesia, kok salah kaprah gini, sedih. Ya harus dirombak total, jangan ada jaringan yang lama," ujar Ratna.

Beberapa solusi sempat mencuat di masyarakat, termasuk dipecatnya Kepala Rutan. Mengenai hal tersebut, Ratna mengaku setuju saja. "Ya mungkin ada beberapa solusi, tapi itu nggak ada salahnya dicoba ya, ini usaha yang bisa jadi solusi," katanya.

"Aku khawatir dengan ditayangkan Artalyta ini rutan yang lain jadi berbenah. Entar malah dihilangin AC-nya, kulkasnya, dan lain-lain. Buru-buru dirapikan deh," sambung artis yang pernah menyambangi Zarima di penjara ini. (kpl/hen/boo)

Editor:  

Yunita Rachmawati