Ratna Listy: Saya Biasa Mengunjungi Pedalaman

Riswinanti Permatasari | 19 November 2011, 09:03 WIB
Ratna Listy: Saya Biasa Mengunjungi Pedalaman
Kapanlagi.com - Selain sibuk dengan karirnya sebagai artis, ternyata ada kesibukan lain yang dilakukan Ratna Listy. Dia mengaku bahwa sudah setahun ini dia telah bekerja sebagai Duta Komunitas Masyarakat Terpencil, yang tugasnya tak lain adalah melakukan sosialisasi program Departemen Sosial RI.

Uniknya, masyarakat yang dijadikan sasaran kegiatan ini adalah masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, termasuk daerah pedalaman. Di sini, Ratna mengaku mendapat pengalaman berbeda karena harus berinteraksi dengan suku-suku yang memiliki berbagai keunikan.

"Sejak setahun lalu jadi Duta Komunitas Masyarakat Terpencil dari Depsos yang tugas menyosialisasikan program Depsos ke seluruh Indonesia. Jadi saya masuk ke pedalaman untuk bertemu dengan berbagai suku. Terakhir saya kunjungi Jambi, suku Kubu," ungkapnya ditemui usai pentas Kabaret Keroncong di Gedung Kesenian Jakarta, Kamis (17/11) malam.

Selama setahun ini, Ratna mengungkapkan telah mengunjungi sepuluh daerah pedalaman. Kesan yang diingatnya hingga kini adalah bagaimana dia harus berjuang untuk mencapai daerah-daerah tersebut. Pasalnya, daerah-daerah tidak mudah dijangkau dengan sarana transportasi.

"Sepuluh dengan lokasi yang tak mudah di jangkau. Misalnya naik rakit dulu terus menyeberang sungai lalu naik ojek," ulasnya. (kpl/dis/ris)