Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Rawat Anak Bersama, Ririn Dwi Ariyanti Sepakat Hak Wali Pada Aldi Bragi, Tapi Tidak Dengan Hak Asuh

Kamis, 04 November 2021 18:31 WIB
Rawat Anak Bersama, Ririn Dwi Ariyanti Sepakat Hak Wali Pada Aldi Bragi, Tapi Tidak Dengan Hak Asuh
Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi mempunyai kesepakatan secara tertulis kalau akan merawat anak mereka bersama-sama. Dalam surat kesepakatan itu, Aldi juga meminta hak wali atas anak-anaknya.

Seiring berjalannya waktu, Ririn Dwi Aryani dalam gugatan cerainya rupanya mencantumkan hak asuh atas anak. Tentu hal tersebut membuat Aldi tak terima. Makanya saat sidang cerai yang beragendakan saksi, Aldi menghadirkan 2 orang saksi yang mengetahui soal kesepakatan yang sudah dibuat dan ditandatangani.

1. Jelas Dituliskan

Gambar

"Ini mengenai dari isi kesepakatan jelas dituliskan itu permintaan Aldi adalah mengenai hak wali dan pola pengasuhan bersama secara bergantian sementara dan itu memang disetujui oleh ririn dan ditanda tangani," ucap Riri purbasari kuasa hukum Ririn Dwi Aryani usai sidang di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (4/11).

"Dan tidak membicarakan mengenai hak asuh yang dibicarakan adalah mekanisme mengasuh secara bersama, merawat, tetapi mengenai hak asuh sesuai dengan undang2 itu tidak dibicarakan dan itu yang diminta oleh termohon (ririn) jadi ririn itu meminta hak asuh, sementara yg ada dalam kesepakatan adalah hak wali. Dan sistem pengasuham secara bersama," Riri menambahkan.

2. Pahami Hukum

Selain itu, Andriansyah Tiwarman, kuasa hukum Ririn Dwi Aryanti yang lain menegaskan jika dalam undang-undang sudah jelas disebutkan kalau anak yang masih di bawah usia 12 tahun, ikut dengan ibunya jika orangtua bercerai.

"Namun terkait hak asuh, kita harus memahami hukum di kita ini adanya hak asuh dan hak pemeliharaan itu di atur dikompilasi hukum islam jelas, anak yang belum 12 tahun hak asuhnya ada di ibu," pungkasnya.