Ray Sahetapy, Menjaga Keseimbangan Saat Ramadhan

Anton | 01 September 2010, 21:25 WIB
Ray Sahetapy, Menjaga Keseimbangan Saat Ramadhan
Kapanlagi.com - Bicara soal ibadah puasa, bagi aktor gaek Ray Sahetapy, adalah soal pengendalian diri dan keseimbangan hubungan manusia dan Tuhan. Walau rasa malas seringkali menghantui, namun apa yang menjadi kewajiban seorang muslim itu harus tetap dijalankan.

"Belajar kendaliin diri, hidup seimbang, terus berdoa, sembahyang panca kala. Sebagai mualaf harus tetap bangun, jangan malas," kata Ray saat ditemui di di Hotel Crown, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Kepergian sang putri beberapa waktu lalu meninggalkan kepedihan yang begitu mendalam di hati Ray. Ia mengaku tak bisa melupakan kenangan bersama Gizka, buah cintanya dengan Dewi Yull itu.

"Wah, susah ngelupain dia, dia itu melekat soalnya. Aku harus kuat, karena ada sejarah soalnya ya. Itu yang membuat saya sedih berlebihan. Makanya puasa itulah, itulah yang membuat saya kuat," ujar Ray sambil tak kuasa menahan tangis.

Ray melanjutkan, begitu banyak kenangan bersama Gizka di bulan Ramadhan yang tak bisa ia ungkapkan dengan kata-kata. Rasa sayang pada sang buah hati itu begitu melekat dalam hati.

"Dari pelukan, pegangan tangan, banyak kata di situ. Tapi kan dia susah bicara, kalau dia bisa bicara, pasti udah banyak. Mudah-mudahan ini wawancara terakhir dengan Gizka, saya nggak kuat jawabnya," tutup Ray sambil berlalu dan terus menangis.  (kpl/hen/bun)

Editor:  

Anton