Riri Reza Tertarik Bikin Film di Riau

Darmadi Sasongko | 20 Desember 2006, 08:34 WIB
Kapanlagi.com - Sutradara ternama Riri Riza mengaku dirinya tertarik untuk membuat film di Riau, karena menurutnya banyak potensi budaya yang dapat digali di salah satu provinsi yang ada di Sumatera ini. "Di Riau banyak sekali legenda, cerita rakyat, dan tradisi kebudayaan yang kuat," katanya usai acara Pelatihan Film Documenter yang digelar Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Pekanbaru, Selasa (19/12).

Ia juga mengatakan, dirinya memiliki rencana untuk melakukan riset lebih jauh untuk mengetahui Riau secara lebih dalam.

"Jika memungkinkan saya ingin mengadakan riset lebih lanjut, jika saya rasa banyak unsur yang bisa diangkat untuk dijadikan film yang menarik saya akan membuatnya," kata Riri.

Selain itu, ia juga berharap pemerintah daerah baik yang ada di Riau maupun provinsi lainnya dapat melihat potensi ekonomi yang didapat dari sebuah film.

"Contohnya jika dibuat film tentang Riau, selain dapat mensosialisasikan masalah kultural dan potret budaya dapat juga menghasilkan dari sektor ekonomi dengan banyaknya wisatawan yang jadi tertarik untuk datang," katanya.

Sutradara dari beberapa film-film bermutu ini seperti "GIE, ELIANA-ELIANA dan ADA APA DENGAN CINTA ini mengatakan dirinya memberikan dukungan dengan wacana mengenai akan diadakannya Festival Film Indonesia (FFI) di Riau.

"Secara historis pada era tahun 80-an, FFI juga pernah diadakan di daerah-daerah, mungkin itu menjadi dorongan bagi pihak penyelenggara untuk mengadakannya di Riau selain provinsi ini memang memiliki banyak potensi budaya," katanya. (*/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko