Rumah Cantik Menteng Dihancurkan!

Riswinanti Permatasari | 29 November 2011, 15:35 WIB
Rumah Cantik Menteng Dihancurkan!
Kapanlagi.com - Jika kita melewati kawasan perumahan di jalan Cik Ditiro, Menteng, maka kita melihat sebuah rumah yang oleh warga dijuluki 'Rumah Cantik'. Karena keindahan klasiknya, rumah ini sempat jadi primadona yang tak pernah habis dikagumi orang. Sayangnya, pemandangan tersebut sudah tak berlaku lagi kini. Ada apa?

Sejak Agustus 2007, pemilik bangunan peninggalan Belanda yang kira-kira dibangun pada 1932 tersebut telah memutuskan untuk menjualnya. tentu saja, banyak orang mempertanyakan kenapa rumah antik yang telah menjadi cagar budaya resmi tersebut malah dijual. Namun pemilik yang bernama Dyah tersebut berhasil meyakinkan semua orang bahwa bangunan tersebut akan tetap terawat karena pemiliknya tidak akan diijinkan untuk mengubah struktur bangunan tersebut.

Beberapa tahun berlalu, ternyata diketahui bahwa rumah yang juga pernah dijadikan tempat syuting video klip Marcell Siahaan untuk lagunya yang berjudul Peri Cintaku tersebut kabarnya akan dibeli oleh putra presiden SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono, dengan harga sekitar Rp16 miliar semakin memprihatinkan. Sayangnya, kondisi rumah itu kini bukannya semakin terawat, tapi malah semakin tragis.


Rumah Cantik Menteng Sudah Berakhir @ thejakartapost.com

Jakarta Post memberitakan bahwa kondisinya saat ini tak ubahnya seperti puing bangunan yang tak dirawat. Berbeda dengan kondisinya tahun 2008 lalu, rumah yang sempat jadi lokasi syuting film KABUT SUTRA UNGU (dibintangi oleh Jenny Rachman) dan DUNIA TANPA KOMA (dibintangi Dian Sastrowardoyo) tersebut sudah hampir roboh. Bahkan genteng dan temboknya sudah tidak utuh lagi.

Rupanya, 'Rumah Cantik' tersebut memang sengaja dibongkar oleh pemiliknya. Namun pembongkaran tersebut belum usai karena sekitar 9 bulan lalu proses pembongkaran dihentikan. Kini, dengan bunga dan rumput yang telah mati, rumah tersebut tidak lagi menampakkan keindahan dan cahayanya yang dulu.

APA KATA PIHAK ISTANA TENTANG PEMBELIAN RUMAH CANTIK OLEH IBAS? (jkp/ris)