Rumah Pribadinya Tak Cukup Untuk Jadi Penangkaran Satwa Liar, Sepupu Raffi Ahmad Bangun Kebun Binatang Di Bandung

Canda Dian Permana   | Selasa, 31 Agustus 2021 13:02 WIB
Rumah Pribadinya Tak Cukup Untuk Jadi Penangkaran Satwa Liar, Sepupu Raffi Ahmad Bangun Kebun Binatang Di Bandung
Ponakan Raffi Ahmad (credit: instagram.com @alshadahmad/@raffinagita1717)

Kapanlagi.com - Sepupu Raffi Ahmad, Alshad Ahmad punya hobi memelihara berbagai satwa liar di rumahnya. Karena banyaknya hewan liar rawatannya, rumah Alshad Ahmad pun tak muat untuk menampung seluruh hewan-hewan kesukaannya itu.

Oleh karena itu, Alshad pun kini sedang fokus merampungkan pembangunan kebun binatang miliknya. Saat ini ia sedang repot mengurus perizinan untuk kebun binatang tersebut.

"Masih sibuk youtube dan penangkaran. Karena kita mau bikin penangkaran yang lebih besar lagi arahnya ke zoo sih. Jadi fokus du rumah untuk satwa liar," ungkap Alshad Ahmad saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, (30/8) Senin sore.

"Belum sih karena yang penting tanah dulu yang harus disetujui negara. Karena ada beberapa standarisasi yang harus dipenuhi seperti kelembapan suhu dan lain-lain, lagi nyari tanah yang cocok buat bikin mini zoe ini jadi kalau udah ada tanah baru mengajukan izin kita cari tempat dulu, ajuin tempat, baru buat kandang kayak gitu," lanjutnya.

1. Urus Perizinan Hal Tersulit

Alshad mengakui bahwa memang untuk mengurus perizinan adalah hal tersulit karena banyak persetujuan dan standarisasi yang harus terpenuhi untuk membangun sebuah kebun binatang. Rencananya Alshad Ahmad akan membangun kebun binatang tersebut di Bandung, Jawa Barat.

"Memang banyak syarat yang harus dipenuhi, rbet sih banyak banget dan harus profesional. Ada tempat, cuma warga sekitar nggak setuju dan nggak mau dijadikan tempat wisata. Ajuin lagi, suhunya terlalu dingin dan lembab jadi nggak bisa. Di Bandung dan sekitarnya," ujarnya.

Selain itu, Alshad mengaku tujuannya membangun sebuah kebun binatang untuk memberi pengetahuan terhadap maayarakat luas tentang berbagai macam satwa liar. Untuk saat ini, Alshad menyebut di rumahnya sendiri sudah ada banyak satwa liar seperti burung unta, rusa, kakak tua, harimau dan masih banyak lagi yang lainnya.

"Kalau kebun binatang kita harus punya selengkap mungkin karena untuk edukasi pengunjung juga, tempat untuk pengunjung buat belajar dan mengetahui satwa sih. Di rumah gua trial eror sebelum buat zoo yang luas. Di rumah bikin dulu penangkaran. Jadi di rumah ada burung unta, rusa, harimau, kakak tua, dan lain-lain," pungkasnya.

Reporter:   Irfan Kafril