Sadar Idap Penyakit Mematikan, Begini Cara Nurul Qomar Tenangkan Istri dan Anak

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 15 Oktober 2021 08:19 WIB
Sadar Idap Penyakit Mematikan, Begini Cara Nurul Qomar Tenangkan Istri dan Anak
Credit Foto: Kapanlagi.com

Kapanlagi.com - Lama tidak terlihat di layar televisi, ternyata pelawak senior Nurul Qomar tengah berjuang melawan sakit. Meski sedang dalam menghadapi kondisi serius, Qomar tetap tenang menghadapi penyakit kanker ganas stadium 4C yang dideritanya di bagian usus. Meski dirinya sadar, kanker merupakan salah satu penyakit mematikan.

Kini dirinya harus menjalani kemoterapi dua kali dalam sebulan selama enam bulan demi menyembuhkan penyakitnya itu. Awalnya, Qomar mengaku jika sakit yang dirasakan tidak bisa buang angin dan BAB selama satu bulan.

"Saya nggak berpikir masalah kematian walaupun secara medis kanker ganas stadium 4C itu ancamannya pendek umur," kata Qomar saat dihubungi Kapanlagi.com, Senin (4/10/2021).

Meski kondisi Qomar sudah jauh lebih membaik setelah menjalani perawatan di rumah sakit, namun istri dan anak-anaknya masih risau dan khawatir akan kondisinya. Bagaimana tidak, kanker ganas itu ternyata sudah menggerogoti tubuh Qomar selama beberapa waktu terakhir.

"Memang khawatir sih semuanya karena kanker ganas, stadium 4C lagi. Ya wajar lah," kata Qomar.

1. Tetap Berusaha Tegar

Pria yang pernah menjabat sebagai rektor dan anggota DPR ini pun mengaku punya cara tersendiri untuk menenangkan keluarganya. Qomar yang juga berprofesi sebagai pendakwah, menjelaskan konsep kepemilikan secara spiritual kepada istri dan anak-anaknya.

"Begini kepada seluruh anak dan istri saya kumpulkan. Lalu saya tekankan paradigma berpikir tentang kepemilikan. Saya bilang kepada mereka kalau kita punya mobil dan motor itu taruhnya di garasi ya jangan ditaruh di dalam hati dan pikiran. Suatu waktu hilang, tidak ada sesuatu yang hilang dalam pikiran dan hati kita," kata Qomar.

"Jadi seorang istri boleh mencintai anak dan suaminya sepenuh hati sebagai tanda cinta kepada Allah tapi jangan sekali-kali istri berusaha memiliki suami karena suami bukan milik istri, tapi milik Allah, dan suatu waktu suami pergi dipanggil Allah karena suami bukan milik istri. Begitu pun sebaliknya," ungkap pria 61 tahun itu.

Selain itu, kepada anak-anaknya Qomar mengatakan bahwa dirinya memiliki mental petarung dan berpesan agar seperti dirinya. Dengan begitu, Qomar berharap agar anak-anaknya tidak terlalu bersedih dan khawatir dengan penyakit yang sedang ia hadapi itu.

"Saya tekankan ayahmu ini punya mental petarung, Kalau jatuh bangkit lagi, kalau gagal coba lagi, kalau salah diperbaiki. Yang penting jangan gampang menyerah. Kalau gampang menyerah selesai semua," tuturnya.

Reporter:   Dadan Deva