Samuel Zylgwyn Menangis Tak Tega Melihat Proses Franda Melahirkan Anak Pertama

Ayu Srikhandi | 02 Mei 2018, 14:02 WIB
Samuel Zylgwyn Menangis Tak Tega Melihat Proses Franda Melahirkan Anak Pertama

Kapanlagi.com - Samuel Zylgwyn dan Franda sedang merasakan kebahagiaan yang luar biasa atas kelahiran anak pertama mereka. Samuel pun mengaku kalai ia tidak bisa menahan tangis selama proses kelahiran anaknya tersebut. Apalagi ia juga tidak tega melihat Franda yang berjuang dan kesakitan karena melahirkan dengan normal. Selama menantikan kelahirkan putrinya yang diberi nama Zylvechia Ecclesie Heckenbucker dengan berat 3,305 kg dan panjang 50 cm pada 29 April 2018, Samuel pun tak berhenti memanjatkan doa. 

"Oh iya pastilah (gugup) belum pernah kan. Mana gue tahu prosesnya. Makanya gue temenin aja. Gue nggak ngomong apa-apa, gue diem aja sambil gue ngintip-ngintip oh belum. Pas anak keluar langsung oh my god langsung nangis gue. Nangis duluan pas lihat istri kayak kontraksi aduh gue lihat bini gue kasihan banget, nggak tega. Speechless," ungkap Samuel saat jumpa pers di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, Rabu (2/5).

"Enggak tega sih sebenarnya kasihan aduh melihat bini gue berjuang gini. Tapi di satu sisi soalnya kita kan belum tidur seharian, terus dia disuruh ngeden, gue nggak kebayang sih gimana rasanya orang belum tidur disuruh ngeden, melahirkan anak, nahan sakit. Berdoa juga lah," lanjut bintang sinetron Orang Ketiga itu.

Samuel Zylgwyn dan Franda saat prescon kelahiran putrinya. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaSamuel Zylgwyn dan Franda saat prescon kelahiran putrinya. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Menjadi orangtua baru, Samuel dan Franda tidak mengalami banyak kesulitan. Franda juga mengaku sudah terbiasa mengurus bayi, ketika ponakannya baru lahir. "Untungnya saya tuh waktu kakak lahiran pertama anak kembar sudah pernah ikut bantuin ngurus. Aku sudah lumayan bisa lah ya, untung enggak terlalu kaku," kata Franda.

Begitu juga cara mengasuh anaknya nanti, Samuel dan Franda lebih banyak bertanya kepada yang berpengalaman dan membaca buku. Beberapa kali mereka juga mengikuti workshop yang diadakan di gereja. "(Belajar parenting) learning by doing. Nggak ada persiapan gimana-gimana. Berjalan aja," ujar Samuel.

Senada dengan suaminya, Franda juga belajar parenting sambil berjalan, "Learning by doing aja sih. Sama aku paling baca buku, sudah nyiapin walau belum dibaca sih, hehe. Sama banyak nanya sama yang lebih berpengalaman. Tapi kita sering suka ini sih ikut kayak ada di gereja ada satu kelas setiap bulan sekali di mana kita sering ikut bahasannya tentang keluarga, anak, keuangan. Sedikit banyak belajar parenting di sana."

(kpl/rhm/jje)

Reporter:  

Nuzulur Rakhmah