Sandy Tumiwa Jalani Sidang Kasus Narkoba, Pengacara Optimis Hukuman Rehabilitasi

Kistin Septiyani | Kamis, 11 Juli 2019 22:16 WIB
Sandy Tumiwa Jalani Sidang Kasus Narkoba, Pengacara Optimis Hukuman Rehabilitasi

Kapanlagi.com - Dalam pembacaan surat dakwaan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyematkan pasal 127 UU Narkotika, selain Pasal 112 ayat 1 UU Narkotika dalam mendakwa Sandy Tumiwa pada sidang perdana, Kamis (11/7).

Meski pasal 127 bukan sebagai dakwaan primer, tetapi itu menjadi kabar baik bagi Sandy. Sebab, dengan pasal 127 memberi harapan bagi Sandy, sebagai korban penyalahgunaan narkotika, bisa menjalani hukuman rehabilitasi ketimbang harus menjalani hukuman penjara.

"Kami akan berupaya membuktikan pasal 112 nya itu supaya tidak terbukti (di persidangan) dan pasal 127 lah yang menjadi pegangan hakim nanti," kata Denny Lubis, kuasa hukum Sandy Tumiwa di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

1 dari 3 halaman

1. Dasar Hukum

Dasar Hukum ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Dalam pasal 127 ayat 2 UU Narkotika, disebutkan Hakim dalam memutus perkara, wajib memperhatikan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 54, pasal 55, dan pasal 103 UU Narkotika. Ketiga pasal itu memberikan pedoman bagi Hakim untuk menempatkan pengguna narkotika ke dalam lembaga rehabilitasi medis dan sosial.

Sedangkan pasal 112 ayat 1 disebutkan setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 800 juta dan paling banyak Rp 8 miliar

2 dari 3 halaman

2. Yakin dengan Rehabilitas

Yakin dengan Rehabilitas ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Denny Lubis yakin, hakim nantinya akan memberikan putusan hukuman rehabilitasi bagi kliennya. Keyakinannya itu berdasar surat assesmen yang dikeluarkan pihak BNP DKI saat memeriksa Sandy ketika awal ditangkap.

"Artinya secara hukum, yang dibutuhkan oleh Sandy dalam mengatasi persoalan dia adalah rehabilitasi dan pengembalian sosial. Sehingga kita berharap, nanti putusannya terhadap pasal 127 berdasarkan adanya assessment dari BNP DKI," ucapnya.

3 dari 3 halaman

3. Sidang Lanjutan

Sidang Lanjutan ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Sandy Tumiwa akan menjalani sidang lanjutan beragendakan keterangan saksi meringankan yang dihadirkan pihak Sandy pada Kamis (18/7). "Minggu depan agendanya saksi. Dari situ kita gali fakta kalau disitu memang ada peristiwa. Kita berupaya membuktikan bahwa beliau (Sandy) korban narkotika. Itu yang akan kita buktikan," kata Denny Lubis.

Sebagaimana diketahui mantan suami Tessa Kaunang itu tertangkap tangan menggunakan narkotika golongan 1 jenis sabu di Hotel The Grove, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Maret 2019. Saat ditangkap, polisi menyita sabu sisa pakai seberat 0,23 gram serta alat penghisap sabu alias bong.

(kpl/dan/TIN)


Reporter:  

Dadan Deva

↑