Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sang Anak Divonis 4 Tahun 6 Bulan Penjara, Ibunda Gaga Muhammad: Kami Siap dan Tidak Sakit Hati

Rabu, 19 Januari 2022 16:02 WIB
Sang Anak Divonis 4 Tahun 6 Bulan Penjara, Ibunda Gaga Muhammad: Kami Siap dan Tidak Sakit Hati
Ibunda Gaga Muhammad buka suara soal hukuman sang anak © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Ibunda Gaga Muhammad, Janariah turut hadir dalam sidang vonis sang anak yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022). Diketahui, Gaga Muhammad divonis empat tahun enam bulan penjara atas kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan Laura Anna mengalami luka berat hingga alami kelumpuhan.

Usia sidang, Janariah mengatakan tidak mempermasalahkan putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Janariah yakin Gaga Muhammad ikhlas menjalani hukuman empat tahun enam bulan penjara.

"Insyaallah, dia (Gaga) akan menjalani dengan ikhlas, apa pun itu. Dia masih muda kok, santai saja. Saya hanya mengutip kata kakaknya Laura ya bahwa Tuhan tidak tidur ya, Dia akan melihat kebenaran ada di mana. Santai saja," kata Janariah di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022).

1. Tidak Sakit Hati

Gambar

Janariah mengaku tidak merasa sakit hati dengan putusan majelis hakim yang sudah memvonis sang anak empat tahun enam bulan penjara. Menurutnya, itu sudah menjadi hukuman yang terbaik buat sang anak.

"Kami tidak akan pernah sakit hati apa pun, kalau ini memang hukuman yang terbaik. Dan ini Gaga adalah pelajaran yang sangat berharga buat dia yang dia harus ambil hikmahnya. Jadi, kita santai saja," kata Janariah.

2. Gaga Muhammad Siap

Gambar

Janariah yakin Gaga Muhammad siap menerima hukuman penjara selama empat tahun enam bulan penjara. Ia juga menyinggung soal mendiang Laura Anna yang sudah mendapat keadilan.

"Ya nggak apa-apa kan itu yang terbaik. Kalau memang itu yang terbaik ya enggak apa-apa, yang penting, kan puas, itu yang diinginkan. Jadi, Gaga dapat pengadilan di dunia, Laura dapat pengadilan di sana, gitu," kata Janariah.

"Kami akan terima. Apa pun itu keputusan, itu kan hakim. Di dunia ini kan semua bisa bolak balik kan, begitu, jadi santai. Insyallah Gaga akan siap kok menerimanya," tutup Janariah.

3. Divonis Penjara

Gambar

Gaga Muhammad divonis empat tahun enam bulan penjara atas kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan Laura Anna mengalami kelumpuhan. Hukuman ini sama seperti tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang menuntut Gaga empat tahun enam bulan penjara.

"Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan mengemudikan kendaraan bermotor karena kelalaiannya menyebabkan korban luka berat. Menjatuhkan pidana penjara 4 tahun 6 bulan, denda sebesar Rp. 10 juta dengan jika tidak bayar diganti kurungan 2 bulan," kata hakim dalam persidangan.

 

 

4. Hukuman Memberatkan

Gambar

Kemudian, majelis hakim menyampaikan ada beberapa hal yang memberatkan hukuman Gaga Muhammad. Ia menyampaikan, Gaga Muhammad tidak menunjukkan rasa bersalah.

"Yang memberatkan terdakwa di persidangan, menyampaikan penyesalannya dan rasa bersalahnya namun majelis hakim tidak melihat konsistensi atas pernyataan tersebut," kata Hakim.

"Di persidangan terdakwa tidak menunjukan rasa bersalahnya terdakwa malah berusaha mencari unsur kealpaan dan kelalaian serta akibat luka berat yang dialami korban adalah bagian dari kesalahan korban sendiri yaitu tentang korban tidak menggunakan sabuk pengaman," tambah hakim.

 

 

5. Tak Berikan Ganti Rugi

Gambar

Tak cuma itu, hakim juga menyebut Gaga Muhammad tidak memberikan bantuan apapun kepada korban, yakni Laura Anna. Terutama soal ganti rugi selama menjalani pengobatan.

"Tidak memberikan bantuan materi apapun atau itikad baik membantu korban keluarganya menghadapi kelumpuhan yang dialami korban, sehingga keluarga korban menuntut kompensasi kerugian sebesar 12,6 milyar rupiah," tutup hakim.