Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Anak Idap Penyakit Kawasaki, Selvi Kitty Ungkap Gejala yang Harus Diwaspadai

Luthfia Miranda Putri   | Senin, 02 Maret 2020 00:31 WIB
Anak Idap Penyakit Kawasaki, Selvi Kitty Ungkap Gejala yang Harus Diwaspadai
Selvi Kitty © Instagram/selvikitty

Kapanlagi.com - Selvi Kitty sempat mengalami kesedihan saat sang anak semata wayang, Abizard Kavin Suseno sempat divonis terserang penyakit Kawasaki (penyakit yang menyerang jantung). Kala itu sang anak sempat perawatan intensif di rumah sakit.

Saat itu Selvi Kitty sempat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (23/2). Ia pun menjelaskan gejala penyakit yang pernah dirasakan sang anak.

"Kalau gejala yang dialami Abizard itu panas berturut-turut, abis itu cek darah. Dia udah 3 kali cek salah diagnosa. Dokter ketiga setelahnya baru ketahuan dia kena Kawasaki katanya. Kalau dokter sebelumnya belum diagnosa kalau dia Kawasaki. Yang penting ciri-cirinya panas naik turun," ujar rekan Jessica Iskandar ini.

1. Penanganan Pertama

Sebagai seorang Ibu tentunya akan merasa cemas saat anaknya sakit. Begitu pula yang dirasakan Selvi Kitty saat mengetahui anaknya mengalami gejala demam yang tidak menentu.

"Kalau Abizard sakit hal pertama yg aku lakukan ke dokter. Karena kalau ciri-cirinya sama apa lagi dong. Karena katanya setahun setelah Kawasaki ini bisa kambuh lagi. Jadi banyak yang sharing-sharing sama dokter selama setahun," ujarnya.

Ia pun menambahkan alasan mengapa bisa salah diagnosa, "Makanya jangan sampai salah dokter. Kecuali kalau sudah tahu tanda-tanda Kawasaki tersebut ya udah langsung ke dokter yang pusat aja."

2. Cara Mencegah

Setelah anaknya kembali pulih Selvi pun tak segan membagi cara pencegahan penyakit mematikan ini. Ia mengaku tidak membatasi anak keluar rumah, asalkan pergi ke tempat yang aman seperti dekat rumah.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
cie yang mau ulang tahun ???? #banyakgayaSebuah kiriman dibagikan oleh Selvi Kitty ???? (@selvikitty) pada 15 Feb 2020 jam 5:52 PST
Selvi pun menambahkan, "Sayuran sekarang sama buah sudah paling benar. Aku juga lagi mengurangi daging, anaknya juga sudah jarang makan daging. Ya plus minus sih. Tapi setelah Abizard sakit kemarin dikurangi banget. Paling mentok ikan salmon, daging sudah jarang."

Reporter:   Sahal Fadhli