Sebelum Didiagnosa Sakit Autoimun, 5 Tahun Belakangan Ashanty Lakukan Coffee Enema

Wulan Noviarina Anggraini | Kamis, 21 November 2019 14:47 WIB
Sebelum Didiagnosa Sakit Autoimun, 5 Tahun Belakangan Ashanty Lakukan Coffee Enema

Kapanlagi.com - Sebelum menjalani endoskopi dan menjalani operasi untuk melakukan biopsi guna mengetahui jenis penyakit autoimun yang ia derita, Ashanty lebih dulu ngobrol dengan dokter. Kepada dokter yang merawatnya, Ashanty mengungkap bahwa sebelum didiagnosa terkena autoimun sekitar 3 bulan lalu, ia rutin melakukan coffee enema.

"Pas dibilang kena autoimun, dibilangnya ada inflamasi di usus. Cuma apa tuh, nggak tahu dok.  Tapi saya 5 tahun ini saya ngejalanin coffe enema," ujar Ashanty seperti dilansir dari channel Youtube @The Hermansyah A6.

"Apa itu?"

"Enema coffe itu kayak dimasukin dari colon, tapi pake kopi. Jadi kayak kita rebus kopi sendiri, kopinya organik, tapi dimasukin dari belakang," jelas Ashanty.

1 dari 2 halaman

1. Ashanty Rutin Lakukan Coffee Enema

Ashanty Rutin Lakukan Coffee Enema © youtube/thehermansyahA6
Ternyata Ashanty melakukan coffee enema ini setiap hari. Selama lima tahun penuh, ia melakukan metode pembersihan colon ini secara rutin.

"Dari situ ada perubahan? Penurunan berat badan atau bagaimana?" tanya Dokter.

"Berat badan turun. Emang sengaja kepengin diet dok," jawab Ashanty.

"Ada riwayat kanker usus dari keluarga, kakek nenek?" tanya dokter.

"Nggak ada," jawab Ashanty.

Kemudian dokter melakukan pemeriksaan secara tertutup. Tirai ranjang tempat Ashanty berbaring ditutup, dan dokter memeriksa kondisinya dengan dibantu oleh suster.

2 dari 2 halaman

2. Apa Itu Coffee Enema?

Coffe enema adalah salah satu metode cuci usus yang dikenal ampuh dalam membuang racun. Ini adalah metode pengobatan alternatif untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam usus besar.

Caranya adalah dengan merebus biji kopi, kemudian dimasukkan ke dalam colon melalui dubur. Biji kopi yang dimasukkan ini nantinya akan merangsang gerakan usus untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya.

Dilansir dari Hellosehat.com, metode coffee enema ini bisa membantu untuk melancarkan buang air besar bagi mereka yang terkena sembelit. Selain itu, coffee enema juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan bakteri dalam usus hingga membunuh sel kanker.

Tetapi teknik ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena jika salah langkah, risikonya justru sangat besar pada kesehatan tubuh. Seperti risiko mual muntah, usus menjadi panas, infeksi organ pencernaan hingga risiko kematian.

Karena itu, teknik coffee enema ini tidak disarankan untuk dilakukan secara sembarangan. Jika mengalami masalah dengan sembelit, dokter menyarankan untuk mengubah pola dan jenis makanan sebelum mengambil metode coffee enema.

(kpl/phi)


↑