Sebelum Isu Salmafina Pindah Agama Muncul, Ini Perhatian Sunan Kalijaga ke Putrinya

Tantri Dwi Rahmawati | Selasa, 16 Juli 2019 14:24 WIB
Sebelum Isu Salmafina Pindah Agama Muncul, Ini Perhatian Sunan Kalijaga ke Putrinya

Kapanlagi.com - Nama Sunan Kalijaga selama ini nggak cuma dikenal sebagai pengacara kondang, tapi juga merupakan ayah dari selebgram kontroversial, Salmafina Sunan. Seperti yang KLovers tahu, Salmafina kerap mengundang kontroversi, mulai dari keputusannya lepas hijab hingga yang terbaru, diisukan pindah agama.

Kendati begitu, Sunan Kalijaga senantiasa berikan perhatian pada Salmafina. Bahkan nggak sedikit yang bilang kalau Sunan terlalu membela Salma. Nah, untuk lebih jelasnya berikut sejumlah perhatian Sunan kepada Salma dalam rentetan kontroversinya. Simak selengkapnya di sini!

 

 

1 dari 7 halaman

1. Sunan Kalijaga Labrak Taqy Malik

Sunan Kalijaga Labrak Taqy Malik (credit: instagram.com/sunan_kalijagash)
Pada Desember 2017 silam Salmafina kedapatan sakit hingga opname. Mengetahui sang putri terbaring lemah, Sunan lantas menanyakan kondisinya pada Taqy Malik yang kala itu masih menjadi suami Salma.

Mulanya, Sunan menanyakan soal kondisi Salma yang tengah dirawat di rumah sakit ke suaminya tersebut. Tak mendapat tanggapan, Sunan pun meradang dan memarahi mantunya karena dianggap tidak ingin bersilaturahmi lagi.

2 dari 7 halaman

2. Sunan Kalijaga Klarifikasi Soal Video Salmafina

Sunan Kalijaga Klarifikasi Soal Video Salmafina Salmafina (credit: instagram.com/sunan_kalijagash)
Pada Februari 2018 silam beredar sebuah video Salmafina nggak memakai hijab. Ini tentu mengundang kontroversi sebab sebelumnya Salma sudah nyatakan akan berhijrah total.

Sunan lantas beri penjelasan. Menurutnya video tersebut diambil setengah tahun lalu. "Perlu saya luruskan, postingan saya di akun pribadi saya yang mengunggah Salma sedang latihan tembak di lapangan. Itu video diambil satu setengah tahun lalu. Di mana Salma pada saat itu kan belum berhijrah," ujar Sunan Kalijaga kala ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Selasa (6/2/2018).

3 dari 7 halaman

3. Sunan Kalijaga Minta Video Permintaan Maaf

Sunan Kalijaga Minta Video Permintaan Maaf Salmafina (credit: instagram.com/sunan_kalijagash)
Pada Maret silam, beredar sebuah video Salmafina lagi clubbing dan terlihat pakaian dalamnya. Tak terima nama baik anak dan keluarganya tercemar, Sunan Kalijaga meminta pengupload meminta maaf. Teman Salma ini pun hadir di rumah Sunan dan menyampaikan permintaan maafnya secara gamblang.
4 dari 7 halaman

4. Laporkan Komentar Nyinyir

Laporkan Komentar Nyinyir (credit: instagram.com/sunan_kalijagash)
Masih pada kasus yang sama, Sunan Kalijaga mengambil langkah cepat atas kasus yang dialami anaknya. Ia lantas beri klarifikasi namun sayangnya komentar nyinyir netizen telah menyerang akun Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga langsung melaporkan ini ke Polda Metro Jaya pada Senin, 18 Maret 2019. Hal ini ia tunjukkan melalui update insta-story.

"Sekarang lagi di Polda, ya termasuk kalau kalian-kalian ini mau saya laporin. Ayo silahkan komentar biar sekalian saya ikut laporin kalian," ujar Sunan Kalijaga dengan mantap.

5 dari 7 halaman

5. Silahkan Salahkan Saya

Silahkan Salahkan Saya Sunan Kalijaga - Salmafina (credit: instagram.com/salmafinasunan)
Dengan adanya video sang anak, Sunan Kalijaga pun bereaksi. Ia pun tak sepenuhnya marah, malah yang ada ia ambil sisi positifnya. Ya, meski video tersebut telah tersebar luas di media sosial.

Sebagai seorang ayah, ia pun bertanggung jawab kelakuan anaknya itu. Bahkan ia rela disalahkan dalam aksi Salmafina di video yang tengah asyik berjoget itu. Ia mengaku semua adalah ujian yang harus ia hadapi.

"Baik buruknya Salma silahkan salahkan saya, apa yang saya alami saat ini, saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT, artinya ujian yang terdekat adalah dari anak. Semakin saya mendekatkan diri kepada Allah, ujian itu datang dari anak saya sendiri," ungkap Sunan Kalijaga saat Insert Fashion Awards 2019 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

6 dari 7 halaman

6. Sunan Kalijaga Siapkan Bodyguard

Sunan Kalijaga Siapkan Bodyguard © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Masih berkutat pada beredarnya video Salmafina lagi hang out dan terlihat pakaian dalamnya, Sunan Kalijaga lantas berikan perlindungan ekstra pada sang anak.

Bukan hal yang mudah bagi Sunan untuk bisa terus mengawasi Salma yang sudah dewasa. Keinginannya untuk memberikan bodyguard buat Salma pun tak bisa serta-merta dilakukan.

"Saya memang menyiapkan orang-orang untuk menjaga dia. Ketika dia di luar rumah, di luar pengawasan saya. Saya titipkan sama Allah, sama Tuhan. Lalu saya juga ada beberapa orang, mungkin tanpa dia sadari. Dia juga gak tahu," ujar Sunan.

7 dari 7 halaman

7. Sunan Kalijaga Minta Salma Dikoreksi Bahasanya dengan Lembut

Sunan Kalijaga Minta Salma Dikoreksi Bahasanya dengan Lembut instagram/englishbusters
Pada April lalu, Salmafina bikin ramai gara-gara caption unggahannya dikoreksi. Ya, berikan caption berbahasa Inggris, nggak disangka ada yang keliru. Caption tersebut dikoreksi oleh akun @englishbuster.

Melihat unggahan tersebut ternyata sang ayah tidak mau tinggal diam. Ia meminta pada akun yang mengunggah foto Salma agar mengoreksi kata-kata yang ditulis Salma dengan lembut.

"Mohon perbolehkan saya mengenalkan diri saya. Nama saya Sunan, Salmafina Sunan adalah putri saya. Admin, mohon koreksi grammar Salmafina dengan lembut. Jangan membuat dia dipermalukan dan di-bully oleh orang-orang. Terima kasih," tulis Sunan Kalijaga menggunakan bahas Inggris di kolom komentar.

(kpl/tdr)


↑