Sebelum Meninggal, Yon Koeswoyo Sempat Meminta Doa Dalam Bahasa Jawa

Ahmat Effendi | 06 Januari 2018, 12:15 WIB
Sebelum Meninggal, Yon Koeswoyo Sempat Meminta Doa Dalam Bahasa Jawa

Kapanlagi.com - Di usia 77 tahun, vokalis band Koes Plus dan Koes Bersaudara yaitu Yon Koeswoyo meninggal dunia karena komplikasi sakit diabetes. Banyak kenangan akan almarhum yang tidak terlupakan. Termasuk bagi sang kakak yaitu Nomo yang dulunya merupakan penabuh drum dari Koes Bersaudara.

"(Pertemuan terakhir) Di Solo sama di Malang, waktu second generation tampil terakhir. Tahun 2017. Dia itu kalau dikasih tau itu kenceng, keras, seperti kemarin," ujar Nomo Koeswoyo saat dijumpai di rumah duka, kawasan Pamulang, Tangsel, Jumat (5/1).

Sebelum meninggal, Yon Koeswoyo memang sempat enggan dibawa ke rumah sakit. Kisah hidup keluarga Koeswoyo banyak diliputi naik turun. Namun demikian mereka tetap saling mengasihi satu sama lain layaknya saudara.

Nomo Koeswoyo mengungkap sebelum meninggal almarhum adiknya sempat meminta didoakan dalam bahasa Jawa. Cr: KapanLagi.com/Agus ApriyantoNomo Koeswoyo mengungkap sebelum meninggal almarhum adiknya sempat meminta didoakan dalam bahasa Jawa. Cr: KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Nggak baik kalau saya ngomong (soal penyakit). Tadi pagi Gerry yang telepon. Saya dari Magelang langsung," katanya.

Berbeda dari adiknya yang terus eksis bersama bandnya, Nomo pernah keluar dari grup musik yang membesarkan namanya demi berdagang dan menghidupi keluarga. Namun demikian hal itu telah menjadi cerita masa lalu. Ketika Yon dalam masa-masa terakhir hidupnya, pria tersebut masih sempat menghubungi sang kakak dan meminta doa.

"(Pesan terakhir) Dia minta doa bahasa Jawa. Mohon pengampunan Allah. Terus saya SMS," tandasnya.

(kpl/aal/sjw)

Reporter:  

Sahal Fadhli