Sederet Selebriti Ini Nggak Cuma Berbakat Tapi Juga Menulis Buku, dari Kumpulan Puisi sampai Komik Lucu

Editor KapanLagi.com   | Senin, 02 Agustus 2021 16:22 WIB
Sederet Selebriti Ini Nggak Cuma Berbakat Tapi Juga Menulis Buku, dari Kumpulan Puisi sampai Komik Lucu
Prilly Latuconsina (Instagram.com/prillylatuconsina96), Dewi Lestari (Instagram.com/deelestari), Pandji Pragiwaksono (Instagram.com/pandji.pragiwaksono)

Kapanlagi.com - Banyak selebriti dikenal masyarakat sering hadir dalam layar kaca mereka. Ada yang menunjukkan bakat dengan berakting, bernyanyi, bahkan menghibur dengan rangkaian acara variety show.

Tidak hanya itu, beberapa seleb dikenal sebagai orang yang suka untuk mencoba hal baru. Banyak aktor yang juga dikenal sebagai penyanyi, komedian yang dikenal sebagai pembawa acara, aktris yang dikenal sebagai pengusaha sukses, dan beberapa dari mereka bahkan juga ada yang dikenal sebagai penulis.

Berikut merupakan beberapa seleb yang telah berhasil menuangkan pikiran mereka ke dalam tulisan dan menerbitkan buku yang telah dibaca banyak orang.

1. Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina dikenal sebagai seorang aktris yang kerap kali sukses membawakan karakter yang diperankannya. Siapa sangka gadis kelahiran 1996 juga telah menerbitkan buku selama ia berkarir sebagai aktris.

Prilly telah menerbitkan total tiga buku. Buku pertamanya berjudul 5 Detik dan Rasa Rindu diterbitkan pertama kali pada tahun 2017. 5 Detik dan Rasa Rindu merupakan buku kumpulan puisi pertama yang ditulisnya.

Berbeda dari buku pertama yang merupakan buku kumpulan puisi, Prilly menulis buku keduanya dalam format novel. Novel pertamanya yang berjudul Fatamorgana ini merupakan novel yang menceritakan tentang puisi-puisi yang telah ia buat dalam buku kumpulan puisi sebelumnya.

Tidak berhenti di situ, pada awal tahun 2020, Prilly mengejutkan penggemarnya dengan bocoran mengenai buku ketiganya. Buku ketiga Prilly yang berjudul Ruang Tengah Ingatan tersebut telah diterbitkan pada bulan April 2020.

2. Dewi Lestari

Dewi Lestari, atau yang lebih dikenal dengan nama Dee Lestari, merupakan salah satu seleb yang terkenal juga sebagai penulis. Memulai karirnya dengan bermusik, ia bergabung dengan grup vokal RSD (Rida Sita Dewi) dan berhasil merilis beberapa album dalam karir bermusiknya.

Dee Lestari kali pertama menerbitkan tulisannya dalam bentuk novel fiksi yang berjudul Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh serta sekuelnya Supernova: Akar. Buku pertamanya diterbitkan pada tahun 2001 dan mendapat banyak respon positif dari penggemarnya.

Buku pertama Dee Lestari ini bahkan masuk dalam Top 5 Khatulistiwa Literary Award 2001. Disusul dengan sekuelnya yang juga masuk dalam Top 10 Khatulistiwa Award 2003. Dee Lestari menulis total enam buku untuk series Supernova ini.

Beberapa bukunya juga terkenal sudah diangkat menjadi film layar lebar, dua diantaranya berjudul Filosofi Kopi dan Perahu Kertas. Selain versi bukunya, kedua adaptasi film dari buku tersebut juga mendapatkan kesuksesan yang luar biasa saat perilisannya.

3. Ayudia Bing Slamet

Ayudia Bing Slamet bersama suaminya, Ditto Percussion, dikenal dengan buku mereka yang berjudul Teman tapi Menikah. Buku Teman tapi Menikah merupakan buku yang berisi bagaimana hubungan mereka yang berawal dari teman, berakhir dengan sebuah ikatan pernikahan.

Buku yang ditulis keduanya tersebut menjelaskan bagaimana Ditto dan Ayudia menjalani kehidupan pertemanan mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah.

Buku Teman tapi Menikah ini juga telah mendapatkan adaptasi filmnya. Seri Teman tapi Menikah mendapatkan total dua adaptasi film yang dirilis pada tahun 2018 beserta sekuelnya pada tahun 2020. Film dengan judul #TEMANTAPIMENIKAH tersebut menggaet Adipati Dolken untuk memerankan Ditto serta Vanesha Prescilla dan Mawar Eva de Jongh sebagai Ayudia Bing Slamet pada film pertama dan keduanya.

4. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi merupakan seorang bintang film dan juga pendakwah wanita terkenal di tanah air. Ia mendapat peran pertamanya sebagai Anna dalam film KETIKA CINTA BERTASBIH yang dirilis pada tahun 2009. Nama Oki Setiana Dewi melambung berkat kesuksesan film tersebut.

Oki merilis buku pertamanya pada tahun 2011. Buku yang berjudul Melukis Pelangi menceritakan kisah hidup Oki, dari masa kecil yang dijalaninya di tempat kelahirannya, Batam, hingga bagaimana ia berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Ia mencurahkan bagaimana usahanya untuk tetap istiqomah dalam kerasnya perjuangan mewujudkan mimpi.

Sejak merilis buku pertamanya, kakak dari youtuber Ria Ricis ini rutin menulis bukunya. Dari kali pertama bukunya diterbitkan, Oki Setiana Dewi telah menulis total tujuh buku yang dirilis hampir setiap tahun sampai tahun 2018.

5. Pandji Pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono merupakan nama yang tidak asing di kalangan selebriti Indonesia. Pandji dikenal dengan berbagai macam profesi, seperti seorang stand-up comedian, aktor, penyanyi musik rap, pembawa acara, dan juga penyiar radio. Selain itu, Pandji juga dikenal sebagai penulis dan telah menerbitkan beberapa buku.

Buku pertamanya terbit pada tahun 2009 dengan judul How I Sold 1000 CDs in 30 Days. Buku tersebut menceritakan strategi yang digunakan Pandji dalam memasarkan CD hip hop miliknya.

Ia menerbitkan buku kedua pada tahun berikutnya. Buku yang berjudul Nasional.is.me itu merangkum bagaimana Indonesia terlihat dari sudut mata Pandji. Pada tahun-tahun berikutnya, Pandji rutin menerbitkan buku terkait dengan bidang yang digelutinya.

Selain berupa tulisan, Pandji juga telah menerbitkan dua buku ilustrasi atau komik dengan judul Degalings dan Partikelir. Ia berkolaborasi dengan illustrator Shani Budi Pandita dan Sweta Kartika dalam menerbitkan kedua buku ilustrasi tersebut.

Nah, itu lah beberapa selebriti Indonesia yang juga menulis buku. Apakah KLovers sudah baca bukunya? Tuliskan jawaban kalian di bawah ya! 

Artikel ini ditulis oleh Salmaa Fadh.

Editor:   Editor KapanLagi.com