Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sederet Sosok yang Ikut Haji Akbar Tahun Ini, Ada Teuku Wisnu & Shireen Sungkar Hingga Gus Miftah dan Ustaz Guntur Bumi

Senin, 18 Juli 2022 23:03 WIB
Sederet Sosok yang Ikut Haji Akbar Tahun Ini, Ada Teuku Wisnu & Shireen Sungkar Hingga Gus Miftah dan Ustaz Guntur Bumi
Sosok yang naik haji akbar tahun ini (credit: instagram.com)

Kapanlagi.com - Ibadah haji tahun 1443 Hijriah atau 2022 Masehi ditetapkan Kementerian Agama sebagai haji akbar. Pasalnya, prosesi wukuf di Arafah terjadi pada 9 Zulhijah atau bertepatan pada Jumat 8 Juli 2022 waktu Arab Saudi.

Menurut Dr.H.Muhammad Susilo Wibowo,M.Pd.I atau lebih akrab dikenal dengan sebutan Ustaz Guntur Bumi Al Qurthubi, mengatakan bahwa banyak keistimewaan dalam melaksanakan haji akbar.

"Haji akbar merupakan bertemunya 2 hari besar, yakni hari Arafah yang penuh dengan pahala dan hari Jumat yang merupakan sayyidul Ayyam. Ada yang meriwayatkan pahalanya sama dengan 70 kali naik haji. Walaupun belum jelas
Hadits ini tidak dijelaskan atau ditahkhrij apakah hadits shahih atau bukan, atau hadits, dhaif, atau bahkan maudhu' alias hadits palsu. Dari penelitian yang jelas bahwa pertemuan hari arofah dan hari Jum'at, hari yang luar biasa dahsyat, " tuturnya

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Haji Akbar tahun ini pun banyak dikuti sosok ternama, siapa saja? Berikut beberapa sosok ternama yang beruntung bisa melaksanakan Haji Akbar.

1. Teuku Wisnu - Shireen Sungkar

Gambar

Lewat salah satu unggahan di sosial media pribadinya, diketahui Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu menjadi salah satu artis Indonesia naik haji tahun ini. Setelah berusaha dan bersabar lantaran ragu bisa berangkat, mereka justru berangkat di waktu-waktu mepet yang akhirnya bisa mendapatkan visa furoda untuk berangkat ke Tanah Suci.

2. Bebi Romeo-Meisya Siregar

Gambar

Bebi Romeo dan sang istri Meisya Siregar sempat menangis terharu karena tak menyangka bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka mendaftar haji tahun 2021 dan dikabarkan harus menunggu 5-7 tahun lagi, tapi justru mereka bisa dapat rezeki dengan visa haji furoda. 

3. Gus Miftah

Gambar

Pendakwah kondang Gus Miftah tak menyangka bisa berangkat haji tahun ini. Ia yang mendapat undangan dari kerjaan Arab Saudi berangkat bersama dengan sang istri di waktu yang mepet.

Menurut Gus Miftah, ia bisa menyambangi Tanah Suci tahun ini berkat doa sang istri yang selalu mengamalkan salawat nabi.

4. Ustaz Guntur Bumi

Gambar

Pendakwah lain yang melaksanakan ibadah haji tahun ini adalah Ustaz Guntur Bumi. Dilihat dari Instagram pribadinya,  Wakil Ketua LPTNU DKI Jakarta dan Alumni Doktor Institut Perguruan Tinggi Alquran Jakarta ini bercucuran air mata pada waktu memimpin Zikir Muhasabah di padang arofah. 

5. Ustaz Khalid Basalamah

Gambar

Ustaz Khalid Basalamah juga diketahui melaksanakan ibadah haji tahun ini.  Beredar di media sosial,  Ustaz Khalid Basalamah bertemu dengan Gus Miftah.  Dari video yang beredar,  keduanya asik berbincang mengenakan kain ihram. 

6. Ridwan Kamil dan Istri

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berangkat ke Tanah Suci Mekah pada Senin, 4 Juli 2022 lalu. Tidak berangkat sendiri, Ridwan Kamil mengajak serta sang istri Atalia Praratya dan anaknya Camilia Azzahra.

Dalam kesempatan berhaji tahun ini, pria yang akrab disapa Kang Emil itu, meniatkan berhaji atas nama Almarhum putranya, Emmeril Kahn Mumtadz yang meninggal beberapa waktu lalu karena terseret arus sungai di Swiss.