Selain Elly Sugigi, Niatulhusna Meraih Kesuksesan Jalani Profesi Koordinator Penonton Bayaran

Kamis, 21 Oktober 2021 19:38 WIB
Selain Elly Sugigi, Niatulhusna Meraih Kesuksesan Jalani Profesi Koordinator Penonton Bayaran
Niatulhusna ©istimewa

Kapanlagi.com - Bukan cuma Elly Sugigi yang sukses menjadi koordinator penonton bayaran di acara televisi. Tapi, ada satu nama lagi yang juga meraih kesuksesan menjadi koordinator penonton bayaran. Dia adalah Niatulhusna alias Nia. Bukan hanya mengoordinasikan penonton bayaran acara televisi saja, tetapi wanita 35 tahun ini juga menyediakan talent untuk figuran sinetron dan FTV.

"Aku jadi agency udah 16 tahun lalu. Awalnya koordinator figuran, terus 2010 itu anakku lahir aku megang penonton, sampai sekarang. Cuma lagi pandemi kan lagi distop dulu semuanya ya," kata Nia, kepada wartawan, belum lama ini.

Nia menjalani profesi sebagai koordinator penoton bayaran dan figuran ini sejak 16 tahun silam. Meskipun terbilang mudah dan juga sederhana, tetapi menjadi bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Pasalnya, setiap hari ia harus melakukan pembayaran honor untuk talent-talent-nya tersebut. Mengingat, pembayaran dari stasiun TV maupun rumah produksi sendiri baru cair selama lima sampai enam bulan sekali.

"Sempat minjem-minjem uang ke orang, pakai bunga. Sempat ada yang pembayaran nggak kebayar, sempat jatuh bangun, itu pengalaman. Orang lihat enaknya aja, tapi orang nggak lihat aku berjuang dari nol," katanya.

"Dulu tahun 2003 aku ngekos sama suami aku. Ngontrak, sampai akhirnya punya rumah sendiri. Nggak punya jaminan untuk diagunkan. Jadi minjem sertifikat orang untuk ke bank. Terus minjem uang orang, itu udah sering banget," tambah Nia.

1. Bisa Menikmati Kesuksesan

Selama ini, Nia bekerja sama dengan semua stasiun TV. Nia masih ingat betul, ia bisa menyalurkan talent untuk delapan sampai 12 program selama sehari di televisi. Karena banyaknya program, tentu saja Nia banyak menghabiskan waktunya di tempat program tv berlangsung.

"Aku sih memang pekerja keras banget ya. Pernah syuting dari jam 5 pagi sampai jam 5 pagi lagi. Sampai aku takbiran Idul Adha itu masih di lokasi syuting. Karena aku harus standby di lokasi," tuturnya.

Kerja keras Nia sebagai koordinator penonton bayaran terbilang sukses. Kini ia tengah menikmati kesuksesan dari profesinya tersebut yang sudah dijalani selama 16 tahun.

Dari usahanya itu, ia bisa membeli rumah idaman dan memenuhi berbagai kebutuhan hidup.Tak sampai di situ saja, Nia juga sanggup mengadakan pesta ulang tahunnya yang ke-35 di salah satu hotel mewah di Jakarta.

"Sebenarnya ini nggak rencana. Semuanya serba dadakan. Teman aku kan banyak banget, jadi ya sudahlah Ketemunya di sini aja. Undangan ada 150 orang, swab antigen di depan sesuai protokol kesehatan," katanya.

Dalam acara perayaan ulang tahun Nia ke-35, Nia mengundang pendakwah kondang yakni Ustaz Solmed. Dalam kesempatan tersebut, suami dari artis April Jasmine memberikan ucapan selamat kepada Nia.

"Selamat ulang tahun untuk Ibu Nia. Semoga di usianya kali ini semakin sukses, sehat, bisa terus membawa kebaikan untuk orang-orang di sekitarnya," tutup ustaz Solmed.