Selain Mengidap Infeksi Paru-Paru, Pretty Asmara Juga Alami Gangguan Fungsi Hati

Tyssa Madelina | Minggu, 04 November 2018 15:50 WIB
Selain Mengidap Infeksi Paru-Paru, Pretty Asmara Juga Alami Gangguan Fungsi Hati

Kapanlagi.com - Kabar meninggalnya Pretty Asmara memang cukup mengejutkan jagat hiburan Tanah Air. Masih menjalani masa tahanannya di Lapas Cipinang, kesehatan wanita berusia 41 tahun itu sempat dikabarkan menurun. Bahkan menurut kabar dari para sahabat, Pretty sempat mengalami perubahan nafsu makan dan dilarikan ke rumah sakit.

Menurut dokter yang merawatnya, Pretty Asmara mulai mengeluhkan kesehatannya sejak bulan Oktober, tepatnya tanggal 18 Oktober 2018 lalu. Saat itu, ia sempat dirawat di IGD dengan keluhan pusing dan sesak nafas.

"Waktu diperiksa diduga ada gangguan pada paru-paru jadi besoknya kita kasih oksigen waktu itu. Tahap pertama kasih infus kemudian rawat inap besoknya diperiksa dokter spesialis ternyata ada pembesaran di hati. Ada gangguan fungsi hati juga," ujar dr. Daniel selaku Kepala Rumah Sakit Pengayoman, saat dijumpai di RS Pengayoman, Jakarta Timur, Minggu (4/11).

"Penyebab meninggalnya karena infeksi, tapi belum keluar hasil pemeriksaannya keburu meninggal. Pas di sini keadaanya udah mulai membaik, tiba-tiba semalam kondisinya menurun drastis nggak lama jam 06.55 WIB menghembuskan nafas terakhir," lanjutnya.

1 dari 2 halaman

1. Ada Riwayat Penyakit

Sebelum memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit Pengayoman, dokter Daniel menduga Pretty Asmara sudah memiliki riwayat penyakit tersebut. Pasalnya, proses menyebarnya infeksi paru-paru dan hati memakan waktu yang cukup lama.

"Kemungkinan ada sebelum masuk ke rutan. Prosesnya lama ya sebelum masuk rutan mungkin sudah ada penyakit sebelumnya. Cuma mungkin Almarhumah nggak pernah check up pas masuk rutan baru keluar gejalanya," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

2. Keluar Masuk Rumah Sakit

Keluar Masuk Rumah Sakit Pretty Asmara meninggal dunia. © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Sejak ditahan karena masalah narkoba pada Juli 2017, kesehatan Pretty terus menurun. Menurut pernyataan sahabat mendiang Pretty, artis satu ini mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Tak hanya itu, Pretty juga sering keluar-masuk rumah sakit selama ditahan.

"Kemarin-kemarin waktu sakit sih mungkin lebih banyak yang ngurusin kita sahabat-sahabatnya. Mungkin ya karena kita juga deket banget ama Pretty, juga karena keluarganya jauh. Mama dia kan di Lumajang, mamanya sakit kayaknya stroke deh, mamanya udah tua," ujar Ade Nurul sahabat mendiang saat ditemui di RS Pengayoman (4/11).

(kpl/aal/tmd)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑