Selamat Dari Kebakaran, Ihwal Eyang Subur Dianggap Sakti

Editor KapanLagi.com | 19 April 2013, 16:25 WIB
Selamat Dari Kebakaran, Ihwal Eyang Subur Dianggap Sakti

Kapanlagi.com - Eyang Subur di depan para anggota Komnas HAM, membantah kalau dirinya sebagai dukun. Dia menceritakan awal mula dirinya dianggap dukun dan punya kesaktian oleh warga sekitar, hingga akhirnya meluas.

"Tahun 1991 rumah saya kebakaran di lingkungan situ. Terus dalam hati kecil saya, saya yakin sama Allah enggak? Yakin, yakin sama nabi? Yakin. Yakin sama Malaikat? Yakin. Saya enggak tinggalin rumah. Alhamdulillah saya sekeluarga selamat, kurang lebih jam 13.00 sampai 19.00 itu kurang lebih tiga ribu orang," jelasnya, Jumat (19/4).

Eyang Subur Mengadu ke Komnas HAM
Praktek Paranormal Limbad Mengedepankan Ajaran Islam
Ki Joko Bodo Vs Eyang Subur, Sakti Mana?
Kiwil Bangga Kalahkan Eyang Subur


Pasca kejadian itu banyak orang yang yakin bahwa tempatnya keramat. Karena dari ribuan rumah yang terbakar hanya kediamannya yang selamat. Tidak hanya kediamannya, Subur pun dipercaya punya kesaktian hingga banyak artis, termasuk Adi Bing Slamet menjadikan dirinya guru spiritual.

"Datanglah satu dari mulut ke mulut diminta anjuran. Hati kecil saya berbicara, harus begini itu berhasil," ucapnya lagi.

Subur juga mengakui kalau Adi ikut dengannya sejak 1995 hingga 2010. Namun pada 2007, dia sudah tudak menerima tamu yang ingin menjadikannya guru spiritual. "Tahun 2007 enggak terima tamu," tegasnya.

Subur datang mengadukan kasusnya ke Komnas HAM. Kedatangannya disambut oleh Komisioner Komnas HAM Nurkholis, Budy Latief (Penyelidik), Diahnan (Pengaduan) dan Iriena (mediator). (kpl/aal/dis/dar)

Reporter:   Sahal Fadhli