Selamat Ulang Tahun ke-62 Maestro Musik, Chrisye!

Arai Amelya | 16 September 2011, 06:10 WIB
Selamat Ulang Tahun ke-62 Maestro Musik, Chrisye!

Kapanlagi.com - Seperti yang pernah diucapkan Chrisye dalam buku biografi Chrisye: Sebuah Memoar Musikal bahwa: Jika orang-orang yang mengabdikan dirinya di musik seperti sebuah garis panjang, maka saya adalah salah satu titik yang mengawalinya. Seperti itulah musisi legendaris itu hidup.

Bahkan sampai akhir hayatnya, 30 Maret 2007, Chrisye yang bernama lengkap Chrismansyah Rahadi dan lahir di Jakarta 16 September 1949 itu tetap membekas di hati penikmat musik Indonesia. Pada Jumat (16/9), KapanLagi.com® mempersembahkan fakta menarik seputar musisi besar yang berulang tahun ke-62 tahun ini.

Mari kita bernostalgia bersama:

1. Selama 40 tahun berkarya di dunia musik Indonesia, Chrisye sudah menghasilkan lebih dari 50 kaset dan CD yang berisi semua karya solonya atau duet bersama penyanyi lain.

2. Album Sabda Alam merupakan debut kerja sama antara Chrisye dengan Musica Studios di tahun 1978. Bahkan sampai Chrisye meninggal dan sampai kini, Musica tetap setia menjadi label musiknya. Apa ada musisi lain yang seperti itu?

3. Chrisye awalnya beragama Nasrani, namun saat menikahi sang istri, Damayanti Noor, dirinya menjadi mualaf. Itu merupakan keputusannya sendiri karena dirinya mengaku mengalami krisis keimanan. Dari pernikahannya, Chrisye dikaruniai 2 orang putri, dan sepasang putra kembar.

4. Frank Sinatra, Bing Crosby, Nat King Cole atau Dean Martin adalah musisi favorit Chrisye yang menginsipirasinya selama bermusik.

5. Sejak kecil Chrisye sudah menunjukkan minatnya pada musik, dia betah berjam-jam memperhatikan grup band bermain musik di sebuah restoran.

6. Penghargaan musik Chrisye sudah begitu banyak, baik dari dalam atau luar negeri, seperti BASF Awards, Golden Records, HDX Awards, AMI Awards sampai MTV Video Music Award Asia Viewer's Choice Awards 1998 di Los Angeles.

7. Chrisye merupakan anak asli Menteng, Jakarta. Ayahnya, Lauren Rahadi sempat tidak menyetujui Chrisye menjadikan musik sebagai profesi dan sandaran hidup. Waow, itu pendapat yang salah besar sepertinya...

8. Lagu pertamanya yang membuat namanya abadi, Lilin Lilin Kecil (1977) merupakan lagu karya James F Sundah adalah bukan lagu pemenang di Lomba Cipta Lagu Remaja Radio Prambors. Namun lagu itu menjadi hits musik Indonesia sampai saat ini.

9. Lagu Ketika Kaki dan Tangan Berkata karya Taufik ismail terinspirasi dari surat Yasin Al Quran. Saat proses rekaman, Chrisye hanya melakukannya sekali karena tidak tahan menahan air matanya mendengar lirik lagu tersebut. Betul-betul seorang maestro musik.

10. Banyak musisi yang percaya, kekuatan Chrisye adalah suaranya yang murni dan begitu memberikan jiwa sebuah lagu. Sejarah mencatat, semerdu apapun suara penyanyi yang membawakan lagu Chrisye, tidak ada yang bisa memberikan jiwa pada lagu tersebut seperti yang dilakukan Chrisye. Setuju!

Bahwa sekalipun Chrisye sudah meninggalkan kita semenjak 4 tahun lalu, nama dan karyanya akan terus abadi selama waktu berputar. Chrisye hanya pergi, tapi karyanya akan terus bersenandung melintasi berbagai generasi musik Indonesia.

Selamat ulang tahun Chrisye! Damai dan tenang dirimu di sisi-Nya.   (kpl/aia)

Editor:   Arai Amelya