Selebriti Senior Kenamaan Yang Meninggal di 2013

Wulan Noviarina Anggraini   | Sabtu, 05 Oktober 2013 10:01 WIB
Selebriti Senior Kenamaan Yang Meninggal di 2013
KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Banyak kabar duka datang dari dunia selebritis tanah air di tahun 2013 ini. Para pekerja seni senior yang sudah lama berkecimpung di jagat hiburan tanah air, satu persatu pergi menghadap sang pencipta.

Sejauh ini, terhitung ada 7 orang selebritis senior Indonesia yang telah berpulang kepada Yang Maha Esa. Siapa saja selebritis senior yang meninggal dunia di tahun 2013? mari kita simak di halaman berikut... (kpl/phi)

1. A Rafiq

Baru membuka awal tahun, dunia dangdut tanah air sudah dikejutkan dengan kabar berpulangnya pedangdut senior, A Rafiq. Pelantun tembang Pandangan Pertama itu menghembuskan napas terakhirnya di RS Harapan Kita pada hari Sabtu 19 Januari 2013.

Penyanyi kelahiran 05 Maret 1948 itu meninggal dunia pada usia 65 tahun karena serangan jantung. Kepergian A Rafiq membawa kedukaan bagi keluarga dan masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta dangdut.

Begitu banyak karyanya yang sudah menghibur masyarakat Indonesia. Tidak hanya berupa lagu, ada juga beberapa film yang sempat dibintangi oleh A Rafiq.

2. Ramli

Belum lama Indonesia berduka karena berpulangnya A Rafiq, sudah kembali dikejutkan dengan kabar berpulangnya desainer kenamaan, Ramli.

Ramli yang dikenal dengan berbagai karyanya yang mengharumkan nama Indonesia itu meninggal dunia pada Rabu, 23 Januari 2013. Ramli meninggal pada usia 59 tahun karena kanker usus yang dideritanya.

Penyakit itu sudah ia derita selama beberapa tahun terakhir, dan ia sudah berkali-kali menjalani kemoterapi untuk menyembuhkan kankernya. Namun sayang, nyawa desainer kelahiran 1 November 1954 tidak terselamatkan karena kanker yang ia derita.

3. Ully Artha

Dunia hiburan tanah air kembali dikejutkan dengan kabar berpulangnya aktris senior, Ully Artha. Selama ini Ully dikenal masih aktif di beberapa judul sinetron dan jarang terdengar mengeluhkan sakit yang ia derita.

Namun tiba-tiba tersiar kabar bahwa aktris yang terkenal dengan berbagai karakter antagonis yang ia perankan itu telah berpulang kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ully meninggal dunia pada usia pada usia 59 tahun di ICU RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (16/3). Selama sakit, Ully selalu didampingi oleh sang suami yang setia berada di sisinya.

4. Tata Dado

Cukup lama menderita diabetes dan darah tinggi, dan juga kanker paru yang ia derita, Tata Dado akhirnya harus menyerah pada penyakitnya dan berpulang kepada Sang Pencipta pada Rabu, 18 Maret 2013.

Kabar berpulangnya Tata Dado tentu mengejutkan banyak pihak, terlebih saat keluarga menyatakan bahwa mereka sudah tidak bisa membawa Tata ke Rumah Sakit karena alasan biaya.

Kepergiannya meninggalkan duka mendalam pada keluarga dan teman dekatnya. Dan selepas kepergiannya, beberapa teman memberikan penjelasan sekaligus meluruskan gosip yang beredar selama ini mengenai status Tata Dado.

Menurut Dorce Gamalama yang merupakan sahabat dekat Tata, Salah jika masyarakat Indonesia menyangka Tata adalah transeksual. Tata Dado adalah lelaki tulen meski sampai akhir hayat ia belum menikah. Penampilan sebagai perempuan hanya Tata lakukan di atas panggung, tidak dalam kehidupan sehari-hari.

5. Kris Biantoro

Kabar kepergian Kris Biantoro terbilang mendadak, keluarga pun terkejut dengan kepergian Kris yang tiba-tiba. Kris Biantoro meninggal dunia pada 13 Agustus 2013 karena serangan jantung.

Memang sudah puluhan tahun Kris Biantoro menderita gagal ginjal dan sering melakukan perawatan, namun ternyata bukan gagal ginjal yang merenggut nyawanya.

Kris Biantoro meninggal dunia karena serangan jantung, dan itu sama sekali tidak diduga oleh keluarga Kris Biantoro. Karena itu mereka tidak menyangka kalau Kris akan pergi secepat itu.

Kris Biantoro dikremasi dan abunya dilarung di laut lepas oleh keluarga. Sebelum dikremasi, ia dipakaikan baju selayaknya pahlawan karena kecintaannya kepada Negara Indonesia.

6. Chaerul Umam

Sutradara kenamaan Indonesia, Chaerul Umam, menutup usia pada usia 70 tahun. Sebelum meninggal dunia, Chaerul Umam sempat dirawat di Rumah Sakit selama seminggu karena penyakit stroke yang ia derita.

Chaerul Umam meninggal dunia pada hari Kamis, 3 Oktober 2013. Ia dikenal lewat banyak film yang sudah ia sutradarai. Karya terakhirnya sebelum tutup usia adalah film KETIKA CINTA BERTASBIH.

Jenazah Chaerul Umam dikebumikan hari ini, (04/10) di TPU Pondok Kelapa, Jakarta. Usai disalatkan di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, jenazah Chaerul Umam dikebumikan dengan diiringi oleh kerabat dan sahabat dekat sutradara kawakan tersebut.

7. Diana Nasution

Kabar duka masih menyelimuti dunia hiburan tanah air. Kali ini datang dari dunia tarik suara, penyanyi senior Diana Nasution yang juga merupakan ibunda dari Marcello Tahitoe, meninggal dunia hari ini, Jumat (04/10).

Diana diketahui sudah cukup lama menderita kanker payudara, dan karena penyakit tersebut kondisi kesehatannya sempat drop. Beberapa waktu terakhir Diana juga menjalani kemoterapi di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Namun menurut keluarga, bukan kanker yang merenggut nyawa Diana. Menurut pihak keluarga, kanker yang diderita Diana sudah sembuh sejak April 2013 lalu. Sebelum meninggal dunia, Diana hanya mengeluhkan sakit di lambungnya.

Keluarga menganggap bahwa memang mungkin sudah jalannya Diana seperti itu, dan semua sudah mengikhlaskan kepergian ibunda Ello tersebut. Selamat jalan, semoga semua amal ibadah diterima di sisi-Nya.

Editor:   Wulan Noviarina Anggraini