Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Semangat Sembuh Pasca Pendarahan Otak, Tukul Arwana Sudah Bisa Makan Tanpa Bantuan Selang

Selasa, 11 Januari 2022 23:38 WIB
Semangat Sembuh Pasca Pendarahan Otak, Tukul Arwana Sudah Bisa Makan Tanpa Bantuan Selang
Tukul Arwana © vidio.com

Kapanlagi.com - Komedian Tukul Arwana hingga kini masih berjuang memulihkan diri pasca mengalami pendarahan otak. Kini, lelaki kelahiran 16 Oktober 1963 itu menjalani serangkaian terapi agar bisa kembali seperti sedia kala.

"Update mas tukul alhamdulillah berangsur membaik berkat fisioterapi yang kita jalankan setiap hari terus fisioterapi di klinik yang seminggu 3 kali kita jalani alhamdulillah sangat berpengaruh untuk mas Tukul," ucap Kimon selaku juru bicara keluarga saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (11/1) malam.

Memang, Kimon mengatakan kalau semangat  untuk sembuh yang diperlihatkan dari Tukul sangatlah besar. Bahkan, kini Tukul sudah bisa makan tanpa bantuan selang.

"Saat ini sudah mulai mengunyah, kemaren mengunyah kayak buah lunak, beliau sekarang sudah bisa makan mandiri pakai nasi, sayur, jadi gak usah diblender lagi, gak usah pakai selang lagi tapi sudah mengunyah," kata Kimon.

1. Bahasa Isyarat

Gambar

Untuk komunikasi sendiri, Tukul saat ini melakukannya lewat isyarat dan belum bisa mengucapkan kata. Tapi, dia memahami saat ada yang mengajaknya berbicara.

"Komunikasi masih sama, pakai isyarat jempol kalau oke, ngangguk tapi setidaknya pemahaman beliau cukup baik," pungkasnya.

2. Awal Sakit

Gambar

Beberapa waktu lalu Tukul Arwana dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional karena mengalami pendarahan otak. Setelah menjalani operasi, kini Tukul masih dalam masa pemulihan.

Kurang lebih dua bulan lamanya Tukul Arwana absen dari layar kaca karena masih harus menjalani berbagai perawatan guna memulihkan kondisinya. Meski kondisinya berangsur membaik, Tukul masih harus menggunakan selang NGT di hidungnya.

"Kalau itu pasti, karena belum normal banget beda kan sama kita, kalau beliau tetap masih pakai selang NGT, cuma udah makan juga tapi makan yang halus kayak buah dan bubur," ungkap Rizky Kimon, manajer Tukul Arwana saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (16/11) malam.

3. Fokus Terapi

Gambar

Rizky Kimon menyebut kini Tukul hanya fokus untuk menjalani berbagai terapi.

"Jadi emang untuk saat ini mas Tukul fokusnya terapi. Pasti namanya stroke pasti agak lama recovery, untuk persen kita belum tahu pasti yang penting sekarang ikhtiar dan berdoa supaya mas Tukul cepat sembuh," ujarnya.

4. Belum Bisa Temui Banyak Orang

Gambar

Meski masih belum bisa menemui banyak orang, Rizky Kimon mengatakan ada sejumlah rekan selebriti yang sudah sempat datang menjenguk Tukul Arwana.

"Ada beberapa, kayak Vega Darwanti, Tarzan itu udah nengok, beberapa pengin juga tapi kita membatasi untuk nggak setiap hari karena beliau butuh istirahat," paparnya.

5. Tak Sedih

Gambar

Kondisi Tukul Arwana pun sudah terlihat jauh lebih baik dan bisa bercanda dengan orang-orang di sekitarnya.

"Ketawa-ketawa dia dan nggak ada raut muka sedih, memang tidak ada sedih-sedihan, malah ketawa-ketawa, becandaan," tukasnya.