Sembuh dari Virus Corona, Twindy Rarasati Bagikan Informasi Penting untuk Publik

Selasa, 19 Mei 2020 21:50 WIB
Sembuh dari Virus Corona, Twindy Rarasati Bagikan Informasi Penting untuk Publik

Kapanlagi.com - Pada pertengahan lalu, aktris cantik Twindy Rarasati mengumumkan jika dirinya dinyatakan positif corona. Setelah menjalani isolasi sendiri selama beberapa pekan, Ia akhirnya membawa kabar bahagia jika sudah dinyatakan sembuh alias negatif corona.

Mendapati fakta di atas, netizen pun akhirnya mulai sering bertanya banyak hal terkait virus ini pada Twindy. Kebanyakan pertanyaan dari netizen sendiri adalah seputar gejala dari Covid-19. Twindy pun mencoba menjelaskan apa yang diketahuinya.

"Satu-satu saya coba jawab ya, meskipun sebenarnya saya yakin teman-teman sudah membaca banyak sekali informasi di media-media yang teman-teman percayai. Gejala-gejala Covid-19 banyak dan belum spesifik. Apakah hanya demam saja sudah pasti menderita Covid-19? Tidak juga. Apakah batuk sudah pasti Covid-19? Nope," jawab pemain sitkom The East tersebut.

"Berikut saya list beberapa gejala yang dilaporkan di beberapa penelitan di beberapa negara. Demam (83 - 98%), batuk (76 - 82%), pilek (4%) mudah lelah, sesak napas atau napas pendek-pendek (31 - 55%), nyeri otot & sendi (11 - 44%), meriang, nyeri tenggorokan (5%), hilangnya indra pembau dan pengecap, nyeri kepala, nyeri dada (2%), mual, muntah, diare (1 - 2%) yang muncul lebih kurang 2 - 14 hari setelah terpajan dari virus dengan rata-rata sekitar 5 hari," jelasnya lebih jauh.

1 dari 3 halaman

1. Gejala yang Berbeda Pada Tiap Pasien

Gejala yang Berbeda Pada Tiap Pasien Twindy Rarasati / Credit: Instagram - twindyrarasati
Lebih jauh, Twindy juga menjabarkan jika gejala yang dialami tiap penderita virus corona bisa jadi berbeda-beda. Artinya apa yang terjadi pada pasien A belum tentu juga dialami oleh pasien B, begitu pula sebaliknya.

"Gejala-gejala yang disebutkan di atas bisa jadi tidak ada sama sekali atau hanya timbul sesekali dan tidak berat. Beberapa pasien bisa saja mengeluh sesak napas tanpa adanya demam, atau nyeri dada tanpa adanya sesak. Gejala setiap orang berbeda. Apa yang terjadi di pasien A belum tentu terjadi di pasien B. Tidak perlu membanding-bandingkan atau menyama-nyamakan hehe. Dan karena gejalanya tidak spesifik, sering kali mirip dengan penyakit lain yang memiliki gejala serupa seperti common cold dan sebagainya," sambung Twindy.

2 dari 3 halaman

2. Berbagi Informasi untuk Netizen

Berbagi Informasi untuk Netizen Twindy Rarasati / Credit: Instagram - twindyrarasati
Pada postingan panjangnya tersebut, Twindy bukan bermaksud menggurui. Ia hanya ingin coba berbagi informasi dengan cara merangkum beberapa sumber yang telah dibacanya. Tujuannya pun baik, agar netizen juga bisa lebih paham seputar virus corona yang memang sedang melanda.

"Sampai sekarang ada beberapa tanda dan gejala Covid-19 tambahan yang sedang diteliti apakah memang berhubungan secara langsung terhadap penyakitnya atau tidak. Saya menyarankan teman-teman mengambil informasi dari sumber yang terpercaya, bisa dari published journal dan artikel ilmiah. Apa yang saya kemukakan di sini hanya bermaksud membantu merangkum sedikit namun ada baiknya informasi yang teman-teman terima selalu dicrosscheck ulang," jelas saudari kembar dari Twinda ini.

3 dari 3 halaman

3. Berdoa Agar Pandemi Ini Segera Berakhir

Tak lupa Twindy ikut mendoakan agar pandemi ini segera berakhir dan kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa lagi. Gadis berparas cantik itu juga mengucapkan terima kasih pada para tenaga medis yang sudah banyak membantunya selama proses penyembuhan.

"Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menghadapi pandemi ini. Amin. I took this one during my quarantine. Thank you for all the doctors & nurses who helped me get through this," tutupnya.

(kpl/gtr)