Sempat Ditahan Karena Dugaan Pemalsuan Ijazah, Pelawak Nurul Qomar Dibebaskan Polisi

Wulan Noviarina Anggraini | Rabu, 26 Juni 2019 11:38 WIB
Sempat Ditahan Karena Dugaan Pemalsuan Ijazah, Pelawak Nurul Qomar Dibebaskan Polisi

Kapanlagi.com - Kasus dugaan pemalsuan ijazah S2 dan S3 membuat pelawak Nurul Qomar atau yang juga banyak dikenal dengan nama Haji Qomar ditahan polisi. Namun penahanan itu hanya berlangsung selama beberapa jam.

Setelah dilakukan pemeriksaan, pelawak yang namanya tenar di tahun 1990-an ini dibebaskan oleh pihak berwajib. Hal tersebut dibenarkan oleh Dodi, manajer Qomar yang dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (26/6).

"Ya bener (dibebaskan). Kondisinya juga alhamdulillah sehat," ujar Dodi.

1 dari 4 halaman

1. Pulang ke Rumah

Setelah dibebaskan dari kantor polisi, Qomar langsung pulang ke rumah. Keluarga pun menyambut baik pembebasan yang dilakukan polisi, mengingat beberapa tahun belakangan asma yang diderita Qomar kerap kambuh.

"Ya kalau secara fisik sih sehat. Kalau asma itu kadang-kadang kambuh, kadang enggak. Beliau punya riwayat asma akut beberapa tahun lalu. Akhir-akhir ini, sekitar dua-tiga bulan sering kambuh," lanjut Dodi.
2 dari 4 halaman

2. Menolak Bicara Kasus

Menolak Bicara Kasus © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Meski meladeni pertanyaan dari wartawan, namun Dodi menolak bicara tentang kasus yang dihadapi Qomar. Ia meminta kepada awak media untuk bicara kepada pengacara saja soal hal itu.

"Kalau kasus, bisa bicara ke lawyer saja. Nanti materinya dijelaskan pengacara," tukasnya.
3 dari 4 halaman

3. Dodi Jadi Saksi Qomar Kuliah

Sedikit hal yang mau dibuka Dodi mengenai kasus dugaan pemalsuan ijazah ini adalah fakta bahwa Qomar memang benar kuliah. Ia menyebut bahwa perkuliahan itu berlangsung sebelum tahun 2016 lalu.

"Kalau setahu saya, beliau memang melakukan itu (kuliah). Prosesnya (kuliah) memang dijalankan di UNY. Saya beberapa kali juga mengantarkan beliau. 2016 sepertinya sudah selesai kuliah. Kan 2018 beliau ikut Pilkada," kisahnya.
4 dari 4 halaman

4. Palsukan Ijazah Demi Jadi Rektor

Sebelumnya diduga bahwa Qomar melakukan pemalsuan ijazah demi mencalonkan diri jadi rektor Universitas Muhadi Setiabudi Brebes (Umus). Laporan itu sendiri juga masuk dari pihak Umus yang kemudian ditindaklanjuti polisi.

Menurut Dodi, Qomar saat ini sudah bukan rektor dari Umus. Sejak tahun 2017 lalu pelawak senior ini mengundurkan diri karena ikut Pilkada pada tahun 2018.

(kpl/abs/phi)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

TOPIK TERKAIT
 
↑