Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Semua Berkas Sudah Terkumpul di Kejaksaan, Sidang Perdana Rachel Vennya Siap Digelar

Dhimas Wahyu Nugroho   | Kamis, 09 Desember 2021 18:25 WIB
Semua Berkas Sudah Terkumpul di Kejaksaan, Sidang Perdana Rachel Vennya Siap Digelar
Sidang Rachel Vennya segera digelar ©KpaanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Pengadilan Negeri Tangerang sudah mengagendakan sidang perdana untuk kasus dugaan pelanggaran karantina kesehatan yang dilakukan selebgram Rachel Vennya bersama kekasihnya, Salim Nauderer, dan manajernya, Maulida Khairunnia.

Arif Budy Cahyono, Humas Pengadilan Negeri Tangerang mengungkapkan, sidang perdana kasus Rachel Vennya ini akan digelar pada tanggal 10 Desember 2021 kemungkinan setelah ibadah salat Jumat.

"Kemungkinan kami sidangkan nanti hari jumat, (10 Desember 2021). Untuk jam berapanya, kemungkinan besar habis salat Jumat," Kata Arif Budi Cahyono, Humas Pengadilan Negeri Tangerang, di kantornya, Rabu (8/22/2021).

Dalam perkara tersebut, dikatakan Arif, sidang kemungkinan berjalan hanya satu hari. Sebab Jaksa Penuntut Umum menilai kasus tersebut tergolong ringan.

"Jaksa mengajukan dengan tindak pidana singkat. (Putusan) Bisa hari itu juga karena dengan acara tindak pidana singkat artinya jaksa memandang pembuktian acara ini sederhana dan mudah," tuturnya.

1. Sidang Terbuka Untuk Umum

Gambar

Dalam perkara tersebut, dikatakan Arif, sidang kemungkinan berjalan hanya satu hari. Sebab Jaksa Penuntut Umum menilai kasus tersebut tergolong ringan. Arif juga mengatakan kalau sidang ini akan digelar terbuka untuk umum.

"Jaksa mengajukan dengan tindak pidana singkat. (Putusan) Bisa hari itu juga karena dengan acara tindak pidana singkat artinya jaksa memandang pembuktian acara ini sederhana dan mudah," tuturnya.

"Saksi dan terdakwa harus hadir dong kalau tidak hadir bisa dipanggil paksa. Yang jelas majelis hakim sudah menentukan hari sidang, dan memerintahkan penuntut umum menghadirkan terdakwa dan saksi," sambungnya.

2. Melanggar UU Karantina Kesehatan

Gambar

Seperti diketahui Rachel Venya, Salim Nauderee, dan Maulida Khairunnia, kabur dari Wisma Atlet karena tidak mau menyelesaikan masa karantina usai pulang dari Amerika Serikat.

Ketiganya telah ditetapkan Polda Metro Jaya sebagai tersangka karena diduga melanggar Pasal 93 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan dan atau Pasal 14 Undang Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit.

3. Empat Bukti

Gambar

Selebgram Rachel Vennya statusnya kini sudah resmi jadi tersangka terkait kasus pelanggaran karantina. Selain mantan istri Nikko Al Hakim itu ada 3 orang lagi yang juga ditetapkan tersangka, Salim Nauderer kekasihnya, Maulina Khairunisa, manager dan satu orang lagi yang membantu mereka kabur.

Reserse Kriminal Umum, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, polisi sudah polisi sudah mengumpulkan 4 bukti terkait kasu sRachel Vennya.

"Terdiri dari keterangan saksi, keterangan ahli, bukti petunjuk, kemudian keterangan dokumen. Di sini semuanya terbukti, makanya kita tetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," tutup Tubagus.

4. Ditetapkan Jadi Tersangka

Gambar

Sebelumnya, penyidik telah menetapkan Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan Maulida sebagai tersangka. Tak cuma itu, petugas bandara yang terlibat juga sudah ditetapkan sebagai tersangka. Meskipun begitu, terkait hal ini Rachel Vennya juga tidak dilakukan penahanan begitu pula wajib lapor.

"Nggak ada ketentuannya sebetulnya juga tidak ada. Penahanan itu kan alasan subjektifnya dia selama ini kooperatif nggak ada masalah. Dia diperiksa datang nggak masalah," tutupnya.

5. Kabur Dari Karantina

Gambar

Seperti yang sudah diketahui, Rachel Vennya melanggar protokol kesehatan dengan kabur dari Wisma Atlet. Sepulang dari Amerika, ia harusnya melakukan karantina, tapi ia hanya melakukannya selama 3 hari saja.

Tak hanya itu saja, ia juga sempat pergi berlibur ke Bali bersama keluarga dan teman-temannya. Dan juga ia sempat merayakan ulang tahunnya di rumah bersama keluarganya pula. 

 

Reporter:   Dadan Deva