Seret Tina Toon Dalam Gugatan Hak Cipta ke Pengadilan, Engkan Gitaris Anima Bantah Cari Panggung

Senin, 30 Agustus 2021 14:55 WIB
Seret Tina Toon Dalam Gugatan Hak Cipta ke Pengadilan, Engkan Gitaris Anima Bantah Cari Panggung
Istimewa

Kapanlagi.com - Single berjudul Bintang yang dirilis Tina Toon pada tahun 2015 silam berbuntut permasalahan hukum. Mantan penyanyi cilik itu menjadi salah satu tergugat dalam perkara yang diajukan oleh gitaris Anima bernama Engkan Herikan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Engkan mengajukan gugatan pada April 2021 setelah mengetahui lagu Bintang didaur ulang tanpa menuliskan namanya sebagai pencipta lagu. Engkan menungkap dirugikan secara material Rp 750 juta dan immaterial dengan nominal sebanyak Rp 10 miliar.

Banyak spekulasi mengenai alasan Engkan baru mengajukan gugatan beberapa tahun setelah single dirilis. Namun kemudian dijelaskan bila pria tersebut tak mengetahui bila lagu Bintang didaur ulang secara resmi dan dikomersilkan.

"Awalnya kami nggak tahu. Makanya proses yang kami lewati sampai empat tahun untuk mempelajari masalah ini. Kami nggak asal-asalan, kami belajar dulu dari yang tadinya nggak ngerti. Makanya minta bantuan dari temen-temam pengacara semuanya, nggak bertindak gegabah karena ini menyangkut banyak pihak," kata Viee Vikan, istri dari Engkan saat menggelar jumpa pers di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021).

(kpl/abs/frs)

Halaman Selanjutnya Tidak Berniat Cari Panggung