Serunya Ninok Wiryono Menjadi Seorang Pendidik, Seperti Apa Sih?

Risang Sudrajad | 22 September 2015, 01:15 WIB
Serunya Ninok Wiryono Menjadi Seorang Pendidik, Seperti Apa Sih?
Kapanlagi.com - Sejak melahirkan anak keduanya, artis Ninok Wiryono sudah jarang sekali tampil di layar kaca. Rupanya, perempuan yang biasa disapa Ninok ini tengah sibuk menjadi seorang pembicara, trainer atau pendidik.

Seperti yang terlihat belum lama ini, Ninok tengah memberikan ilmunya kepada ribuan peserta The Runway 2015 yang diadakan di Senayan City, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan tersebut, dirinya memberikan pelatihan bagaimana mengontrol diri untuk pengembangan kepribadian yang lebih baik.

"(Mengajarkan) lebih ke pengembangan kepribadian. Jadi inilah dasar setiap kehidupan manusia untuk berkembang. Dasar pengetahuan seseorang, kenapa sih kita harus berkembang. Di sini saya ajarkan, karena manusia itu memiliki kebiasaan buruk atau baik. Kebiasaan buruk ini yang harus disadari dulu, dengan mengontrolnya, kebiasaan buruk itu akan hilang," ujar Ninok.

Ninok Wiryono Menjadi Seorang Pendidik © KapanLagi.com®/Nuzulur RakhmahNinok Wiryono Menjadi Seorang Pendidik © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah

"Saya sebagai pembicara, trainer, guru di sekolah modelling, pendidik seputar self development, perkembangan pribadi, grooming school menata dirinya dari ujung kepala sampai ujung kaki, kemudian social skill berinteraksi dengan orang lain, berkomunikasi," sambungnya.

Dalam memberikan ilmu dan motivasinya, satu poin utama yang disampaikannya untuk para remaja sekarang adalah kepercayaan diri. Baginya, percaya diri merupakan langkah awal bagi seseorang untuk bisa melakukan segalanya.

"Percaya diri untuk mau melakukan apa pun di kehidupan ini bisa, ragu itu harus dihilangkan. Misal cari tahu dulu, badannya nggak terlalu tinggi, kan bisa jadi foto model, aku nggak cantik kan bisa jadi hand model atau bahu, kaki, tapi yang penting adalah percaya diri. Itu yang paling penting bagi kehidupan apalagi remaja masa-masa di mana labil, masih ngikut-ngikut," kata ibu dua anak ini.

Ninok Wiryono Menjadi Seorang Pendidik © KapanLagi.com®/VJ RandyNinok Wiryono Menjadi Seorang Pendidik © KapanLagi.com®/VJ Randy

Pemain SEKAR ini pun mengaku sangat menikmati pekerjaannya sebagai seorang pendidik bagi para remaja. "Asyiknya (jadi pendidik) bagaimana kita melihat suatu transformasi. Saya kan paling senang kupu-kupu, itu awalnya kan kecil jelek kemudian menjadi kepompong mengalami satu metamorfosa. Itu yang saya ajarkan, kepompong mengalami sebuah proses yang akhirnya keluar jadi bagus, menjadi kupu-kupu cantik," jelasnya.

"Bagaimana Ninok menjadi saksi seseorang yang berkembang bukan berubah ya, karena orang nggak bisa berubah, tapi menjadi orang yang  lebih baik, makanya itu suatu pengembangan diri," pungkasnya.

(kpl/rhm/abl)

Reporter:  

Nuzulur Rakhmah