Shahnaz Haque: Melibatkan Anak Itu Penting!

Riswinanti Permatasari | 01 November 2011, 12:17 WIB
Shahnaz Haque: Melibatkan Anak Itu Penting!
Kapanlagi.com - Melibatkan anak saat menata kamar merupakan nilai plus yang dihasilkan dari hubungan anggota keluarga. Pasalnya, keikutsertaan anak secara tidak langsung akan menciptakan hubungan yang lebih terbuka sehingga suasana kekeluargaan pun tercipta dengan sendirinya. Selain itu anak pun bakal merasa memiliki kamar tersebut.

"Melibatkan anak saat bikin kamar agar mereka punya sense of belonging," katanya saat ditemui hari Senin (31/10) kemarin.

Diakui, walau ketiga anaknya masih kecil namun peran mereka dalam menata kamar, misalnya pemilihan warna cat, sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan menjalin komunikasi. Kalau semua itu sudah terbentuk maka psikologis anak pun juga akan berkembang dengan baik.

"Sangat penting, meski tidurnya kadang-kadang ketok kamar ibu tapi tetep kasih ruangan yang 'saya banget'," sambungnya lagi.

Usaha untuk melibatkan anak dalam keluarga tersebut ternyata memang sangat beralasan. Sebab bila tak melibatkan mereka, dikhawatirkan daya kreatifnya akan tersalurkan ke tempat lain di luar kontrol orang tua. Hal inilah yang biasanya menjadi awal terjerumusnya anak ke dalam perilaku menyimpang.

"Anak-anak yang gak bisa mengungkapkan perasaan mereka biasanya akan mencoret-coret atau main hand puppet," ucapnya ditemui di Kidzania Pasific Place Jakarta, Senin (31/10), dalam Coaching Clinic bertema Psikologi Warna Dinding & Terapi Warna. (kpl/dis/ris)