Shahnaz Haque Sindir Mendiknas

Darmadi Sasongko | 25 November 2008, 21:25 WIB
Kapanlagi.com - Artis Shahnaz Haque mengaku kagum dengan kebijakan pendidikan pada masa pemerintahan orde baru, termasuk kebijakan mereka terhadap para guru, dibanding pemerintahan saat ini. Dari sisi kualitas pun ibu tiga anak ini menilai lebih unggul guru-guru di masa itu.

"Kalau saya disuruh memilih antara guru sekarang dengan guru zaman dulu saya memilih yang zaman dulu. Apalagi ketika dunia pendidikan dulu dipegang menteri Fuad Hasan. Itu lebih terasa jika dibandingkan dengan saat ini yang menurut saya parah," terang istri Gilang Ramadhan itu.

Tidak secara langsung Shahnaz juga menyebut bahwa menteri yang saat ini menjabat kurang memiliki kompetensi ilmu dengan dunia pendidikan. Karena memang back ground keilmuan yang bukan seorang guru, melainkan lebih sebagai seorang pakar ekonomi.

"Makanya kalau memilih orang yang berkompeten di bidang pendidikan itu harus yang ahlinya. Jangan pedagang," ungkap Shahnaz menyindir.

Untuk menuju regenerasi dunia pendidikan Shahnaz mengungkapkan harus ada perubahan, setidaknya nanti kalau generasi tua yang sekarang selesai, akan dipilih pemimpin yang lebih baik.

"Sekarang ini kan masih berlanjut dan masih ada gap. Namun demikian orang seperti Pak Arif Rahman (pakar pendidikan, red) harus terus dipegang. Bahkan saya memimpikan guru SD itu jenjang pendidikannya S1," pungkas Shahnaz(kpl/dis/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko