'Siapa Kita? Indonesia' Viral, Valentino 'Jebret' Simanjuntak Bangga

Rahmi Safitri | Jum'at, 07 September 2018 15:25 WIB
'Siapa Kita? Indonesia' Viral, Valentino 'Jebret' Simanjuntak Bangga

Kapanlagi.com - Apa yang dirindukan dari Asian Games 2018? Banyak. Bisa jadi ada yang kangen suasana kompetitif dari para atlet, aksi heroik Jonatan Christie dkk, spektakulernya upacara pembukaan, sampai penampilan Super Junior dan iKON di closing ceremony. Tapi ada satu hal nih yang pasti juga akan selalu diingat yaitu komentar dari Valentino Simanjuntak.

Asing dengannya? Bagaimana kalau dengar kata 'jebret'? Yap itu adalah salah satu kata unik yang kerapkali dilontarkan oleh Valen saat ia menjadi komentator acara olahraga. Makanya banyak orang yang menyebutnya dengan nama Valen Jebret. Penasaran nggak Valen bisa menemukan kata-kata unik macam jebret hingga 'Siapa kita? Indonesi!'?

"Satu persiapan, kedua spontanitas, ketiga pengalaman. Jadi persiapannya yang pasti kita lihat, apa yang bisa disamain kata-katanya, yang bisa lebih dimengerti oleh penonton. Kedua spontanitas, kalo kita lihat sesuatu yang unik tiba-tiba muncul di kepala saya, saya ucapin. Ketiga pengalaman, ya udah digabungin sama yang udah disiapin dan yang spontan itu," kata Valentino saat ditemui di di SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

1 dari 3 halaman

1. Senang Bisa Viral

Kata-kata unik ala Valentino ini pun nggak disangka begitu viral dan sering dipakai di media sosial. Dia pun bangga karena presiden Jokowi juga sampai ikutan mengucapkan, 'Siapa kita? Indonesia!'.

"Ya saya pikir saya sangat senang, apalagi Pak Jokowi sampe ngomong itu juga. Satu koran besar di sini juga menjadikan headline, itu kan seruan untuk mengingat identitas kita, semua perbedaan kita ini. Apalagi dalam Asian Games terutama, bahwa kita ini satu negara satu bangsa Indonesia," ujar Valen.

Valen pertama kali menggunakan istilah tersebut kala jadi komentator pertanding bola untuk mengingatkan nasionalisme. Semua itu memang sudah disiapkan oleh Valen agar para penonton Indonesia mendukung negaranya.

"Ya udah kita nggak usah pikirin, 'Elo orang mana? Elo pendukung mana? Pendukung siapa?'. Secara olahraga secara politik kita ini satu, Indonesia. Siapa kita? Indonesia. Ternyata viral sampe daerah-daerah, sampe kota-kota, membuat saya senang," kata Valen.

2 dari 3 halaman

2. Siapkan Buku

Siapkan Buku © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya
Valentino pastinya nggak asal lah dengan ucapan-ucapan yang unik ini. Seperti yang sudah dia bilang sebelumnya, semua memang sudah diperhitungkannya agar cocok dengan suasana pertandingan.

"Yang tadi saya bilang, apapun yang saya buat bukan asal nyeplos, udah kita pikirin, udah kita konsepin. Mana memang tepat diucapkan itu diucapkan, mana yang nggak, ya nggak, ya kita tahan dulu," jelasnya.

Tentunya Asian Games 2018 bukanlah satu-satunya kita bisa mendengar komentar Valentino yang membakar semangat. Bahkan dia sudah mempersiapkan buku lho.

"Banyak, nanti tunggu aja. Saya juga mau ngeluarin buku namanya Jebred Pedia, nanti akan segera keluar. Jadi bukunya ada dua. Satu tentang pengalaman sendiri, tentang presenter. Kedua tentang terminaloginya," ujar Valentino.

3 dari 3 halaman

3. Apa Kata Keluarga?

Valentino berhasil membuat istilah baru yang viral dan membuat jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia jadi membara. Lalu bagaimana dengan pendapat keluarganya sendiri soal ini?

"Keluarga saya cuek, nggak peduli. Istri saya tidur, tidur aja. Anak saya bangga banget. Anak saya tiga," kata Valentino.

Di antara slogan ala Valentino, mana yang paling KLovers suka? Jebret? Siapa Kita, Indonesia? Pait pait? Atau ada yang lainnya?

(kpl/far/pit)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑