Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sidang Cerai Kembali Ditunda, Aldi Bragi Belum Tentukan Nominal Nafkah Iddah dan Mutah Untuk Ririn Dwi Ariyanti

Kamis, 02 Desember 2021 19:50 WIB
Sidang Cerai Kembali Ditunda, Aldi Bragi Belum Tentukan Nominal Nafkah Iddah dan Mutah Untuk Ririn Dwi Ariyanti
Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sidang cerai Aldi Bragi dan Ririn Dwi Ariyanti kembali digelar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021). Namun, sidang yang beragendakan kesimpulan itu kembali tertunda karena pihak Aldi Bragi belum menentukan besaran nafkah iddah dan mutah untuk Ririn.

"Hari ini agendanya kesimpulan. Sebenarnya sudah terjadwal sejak 2 Desember, namun saya dan mbak Riri selaku tim kuasa hukum Ririn belum bisa menyampaikan kesimpulan. Kenapa? Karena sampai hari ini, Aldi selaku pemohon belum juga memberikan kepastian mengenai nafkah iddah dan mutah," kata kuasa hukum Ririn Dwi Aryanti, Andriansyah Tiawarman di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (2/11/2021).

Majelis hakim juga menekankan kepada Aldi agar segera menentukan jumlah nominal uang nafkah iddah dan mutah. Pasalnya, agar proses persidangan berlanjut ke tahap selanjutnya.

"Sebenarnya bisa saja diputus hakim. Tapi Majelis Hakim kan sangat bijak, makanya beliau memberikan kepada pemohon dan termohon untuk diselesaikan," kata Andriansyah.

1. Putuskan Nominal

Gambar

"Jangan sampai nanti misal diputus nominal X, terlalu kecil, terus zalim. Misal nominal Y, terlalu besar, nggak kebayar. Jadi jangan sampai menzalimi kedua pihak," tambahnya. Padahal dari pihak Ririn Dwi Ariyanti sendiri sebetulnya tidak meminta berapa besar nominal nominal uang nafkah iddah dan mutah.

"Tidak pernah menyebutkan harus sekian. Dari awal menikah, Ririn kan sudah punya pekerjaan. Bahkan rumah juga Ririn sudah punya. Jadi tidak ada yang meminta, tapi ini ketentuan undang-undang. Yang meminta adalah hukum dan Majelis Hakim yang meminta agar putusannya bisa sesuai harapan para pihak," katanya.

2. Ajukan Cerai

Seperti diketahui, Aldi Bragi mengajukan permohonan cerai atau menggugat cerai talak Ririn Dwi Ariyanti pada 30 Agustus 2021 secara e-court. Selain itu, Aldi Bragi juga meminta hak asuh anak diberikan ke tangannya.

Sama halnya, Ririn Dwi Ariyanti balik mengajukan hak asuh anak. Aldi Bragi diketahui menikah dengan Ririn Dwi Ariyanti pada 11 Juli 2010. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai tiga anak.