Soal Bantuan Korban Gempa, Dea Mirella Kritik Pemerintah

Editor KapanLagi.com | 14 Juni 2006, 15:44 WIB
Kapanlagi.com - Ketidakberesan pemerintah dalam menghadapi penyaluran bantuan bencana menuai kritik dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari penyanyi imut, Dea Mirella. Pasalnya bantuan yang terus menerus tiba di lokasi bencana belum terkoordinasi dengan baik. Bahkan kadang bantuan menumpuk di satu tempat tanpa diberikan ke korban gempa yang memang membutuhkan. Akibatnya muncul dugaan terjadi penyelewengan oleh oknum aparat setempat. Apalagi jika bantuan tersebut berupa uang.

Tentang dugaan penyalahgunaan dana bantuan, istri Eel Ritonga ini mengaku prihatin jika hal tersebut benar-benar terjadi. Sebab masalah serupa sebelumnya juga diduga pernah terjadi di Aceh ketika dilanda tsunami beberapa bulan lalu.

"Kita kembalikan kepada pribadi masing-masing. Kalau aku bilang, jangan sampai ada hal seperti itu karena kasian, orang lagi susah kita manfaatkan, jangan sampailah. Cuma kalau sampai itu terjadi, kita kembalikan lagi ketanggungjawabnya dia kepada Tuhan," ujarnya saat ditemui di Pantai Karnaval belum lama ini.

Oleh karena ia berharap pemerintah dapat bersikap tanggap, dan cepat dalam mengawasi pendistribusian bantuan bagi para korban bencana supaya kebocoran yang merugikan tidak terjadi dan oknum yang melakukan hal nista tersebut bisa diproses ke jalur hukum.

"Kalau bisa secepatnya ditangani. Saya juga yakin pemerintah juga berusaha untuk menangani masalah ini, menangani orang-orang yang susah disana. Ya, itu sich sebenarnya susah dan tidak bisa dilacak satu persatu untuk mencari siapa pelaku pemanfaatan dana kemanusiaan ini," ujar ibu satu anak yang yakin pemerintah dapat mengatasi masalah itu. (kl/opa)