Soal Jaminan Hak Asasi, Butet Minta Keseriusan Pemerintah

Anton | 17 September 2010, 08:06 WIB
Soal Jaminan Hak Asasi, Butet Minta Keseriusan Pemerintah
Kapanlagi.com - Berkaitan dengan makin banyaknya kasus yang mendiskreditkan kaum minoritas, khususnya golongan agama tertentu, Butet Kertaredjasa merasa perlunya perlindungan akan hak-hak dasar setiap warga negara. Seniman asal kota Yogyakarta itu benar-benar berharap Pemerintah punya niat baik untuk segera mewujudkannya.

"Ya apapun lah, mau UU atau peraturan daerah gak ada urusannya. Yang penting hak-hak yang mendasar itu dilindungi di dalam diri setiap warga negara. Yang penting itu orang mau beragama itu suka-suka dari orang. Orang mau tidur atau tidak juga urusannya orang-per orang," tegasnya saat dihubungi via telepon, Kamis (16/9).

Lantas bagaimana dengan ormas yang sering berbuat onar dan memicu kerusuhan? Apakah ormas semacam itu perlu dibubarkan?

"Saya pikir ormas itu tidak dibubarkan, yang dilarang itu andaikan ormas atau partai melakukan kekerasan dan pelanggaran hukum. Siapapun yang melakukan pelanggaran itu, segera ditindak secara hukum. Saya juga tidak setuju dengan wacana pembubaran ormas karena itu tidak demokratis. Yang dibubarkan atau dilarang itu yang melanggar hukum dan ketertiban bersama," pungkasnya.  (kpl/buj/bun)

Editor:  

Anton